Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Cegah Kebutaan, BCA Operasi Katarak Gratis di Balangan

Jika sudah parah, selaput katarak dapat menghalangi masuk cahaya secara total sehingga mengakibatkan kebutaan.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Cegah Kebutaan, BCA Operasi Katarak Gratis di Balangan
Istimewa
Plt. Pemimpin BCA KCU Banjarmasin Petrus Canisius Robby Kojongin (ketiga kanan) dan Bupati Balangan Sefek Effendie (ketiga kiri) meninjau pelaksanaan operasi katarak gratis di Balangan, Kalimantan Selatan, Jumat (8/5/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, BANJARMASIN - Melanjutkan upaya dalam menekan jumlah kebutaan akibat katarak di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar operasi katarak gratis.

Menggandeng Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK-Perdami), operasi katarak gratis dilakukan di Balangan, Kalimantan Selatan selama 3 hari mulai tanggal 7 hingga 10 Mei 2015 lalu.

Pelaksana Tugas Pemimpin KCU Banjarmasin Petrus Canisius Robby Kojongin, Bupati Balangan Sefek Effendie dan Kepala Dinas Kesehatan Humam Arifin hadir meninjau pelaksanaan operasi katarak yang menjangkau 150 pasien ini.

"Operasi ini wujud komitmen BCA dalam mendukung upaya pencegahan kebutaan akibat katarak, khususnya di Balangan, Kalimantan Selatan," kata Robby.

Apalagi kebutaan akibat katarak merupakan penyakit yang dapat dicegah, oleh karena itu operasi yang dilakukan diharapkan dapat mengurangi angka kebutaan di daerah Balangaan.

Katarak merupakan kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan gangguan penglihatan. Jika sudah parah, selaput katarak dapat menghalangi masuk cahaya secara total sehingga mengakibatkan kebutaan.

Selama dua dekade terakhir, sudah banyak kemajuan yang dicapai dalam penurunan angka kebutaan secara signifikan. Pada tahun 1990-an, angka kebutaan nasional sekitar 1,47 persen, sementara studi validasi Riskesdas Perdami tahun 2013 memperlihatkan angka kebutaan nasional sebesar 0,6 persen.

BERITA TERKAIT

Tingginya angka kebutaan yang salah satunya disebabkan oleh katarak ini disebabkan kurangnya pemahaman masyarakat bahwa kebutaan ini dapat dicegah dan ketidakmampuan mengakses operasi katarak.

"BCA dan SPBK Perdami secara reguler operasi katarak gratis. Kami berharap dengan mengikuti operasi, masyarakat dapat kembali beraktivitas secara normal kembali," ujar Saiman.

Kerja sama antara BCA dan SPBK Perdami telah berlangsung sejak 2001. Sepanjang periode kerja sama tersebut, BCA dan SPBK Perdami telah mengadakan operasi katarak sebanyak 2.893 kali.

Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-58, BCA telah menyerahkan 13 alat operasi katarak dan 2 alat Biometri untuk mendukung SPBK Perdami dalam mengerjakan misinya menurunkan angka buta katarak di Indonesia.

Selain itu masih dalam rangka HUT BCA, BCA juga mendukung penyelenggaraan operasi katarak gratis di RS Klinik Medika Lestari Ciledug. (Eko Sutriyanto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas