Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Unit Industri APP-Sinar Mas Pemenang Pertama Manajemen Energi dari Kementerian ESDM

Terdapat 3 upaya utama yang dilakukan perusahaan dalam efisiensi energi.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Unit Industri APP-Sinar Mas Pemenang Pertama Manajemen Energi dari Kementerian ESDM
Ist
Dirjen Kementerian ESDM Rida Mulyana (kiri) memberikan penghargaan kepada Pimpinan PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang Adrian T. Samin sebagai pemenang pertama kategori manajemen energi industri besar, pada acara Penganugerahan Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) tahun 2015 di Jakarta, Rabu (24/11). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) untuk kategori Manajemen Energi di Industri Besar. Penghargaan kepada Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) – Sinar Mas yang berlokasi di Tangerang Selatan, Banten, PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang pada malam penganugerahan PEEN tahun 2015 di Jakarta (24/11) sebagai perusahaan menunjukkan peningkatan dalam hal manajemen energi.

“Kami menyambut baik apresiasi yang diberikan Kementerian ESDM, hal ini mendorong kami untuk terus berupaya dalam efisiensi energi di tiap unit industri kami”, Ujar Direktur APP Suhendra Wiriadinata. “Menghemat energi menjadi penting bagi kami, selain dapat mengoptimalkan nilai produksi juga turut andil menyelamatkan energi untuk masa depan bangsa”, Lanjut Suhendra.

Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan kompetisi PEEN ini sekaligus mempromosikan pemanfaatan energi di regional ASEAN. Penghargaan ini membuat motivasi perusahaan-perusahaan negeri dan swasta untuk menggenjot program hemat energi.

Lanjut Rida, pemenang penghargaan ini nantinya akan membawa nama Indonesia untuk dapat bersaing pada kegiatan yang diadakan oleh ASEAN Center for Energy (ACE). "Ini nanti kita janjikan yang menang akan mewakili Indonesia untuk bersaing di tingkat ASEAN," tutur Rida dalam acara penganugerahan PEEN di Jakarta, Rabu (24/11/2015).

Menurut Manajer Energi IKPP Tangerang Kholisul Fatikhin, terdapat 3 upaya utama yang dilakukan perusahaan dalam efisiensi energi, yakni penyuluhan kepada seluruh karyawan pabrik akan pentingnya melakukan penghematan energi,  aktivitas optimasi sistem di pabrik (contoh sederhana menyesuaikan suhu air conditioner di kantor), modifikasi mesin atau perakitan baru sehingga dapat meningkatkan efisiensi pemakaian energi Hal ini terlihat dari pencapaian penghematan energi dari tahun ke tahun (2011 ke 2014) mengalami peningkatan sekitar 13,7% untuk listrik dan 18% untuk steam.

IKPP Tangerang juga meraih penghargaan industri hijau level 5 secara berturut-turut sejak tahun 2011 sampai 2015 dengan menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 sejak tahun 1997, OHSAS 18001 tahun 2007 dan SMK3 tahun 2011. Hal Ini merupakan komitmen perusahaan untuk mengendalikan pemakaian sumber daya dan mengelola dampak dari kegiatannya bagi lingkungan maupun K3 sesuai dengan klausul-klausul yang berlaku.

“Kami percaya dengan terus mempromosikan dan mengimplementasikan pentingnya praktik industri yang berkelanjutan, selain dapat menjamin kelangsungan hidup masyarakat dan menyelamatkan lingkungan, Indonesia dapat berkompetisi di pasar global”, tutup Direktur APP Suhendra Wiriadinata.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas