Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PLN Jaga Pasokan Listrik untuk Sukseskan Ujian Nasional SMA

“Kami juga akan menyiagakan piket di semua sekolah penyelenggara UNBK, masing-masing dua orang, selama masa ujian berlangsung.”

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Choirul Arifin
zoom-in PLN Jaga Pasokan Listrik untuk Sukseskan Ujian Nasional SMA
Kompas Images
Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Gas (PLTD Gas) Benoa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PLN (persero) menjaga keamanan pasokan listrik selama pelaksanaan Ujian Nasional berbasis Komputer(UNBK) tingkat Sekolah Manengah Atas (SMA) dan sederajat. Perseroan sudah melakukan pengecekan kesiapan listrik dan instalasi di sejumlah sekolah.

Di Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) General manager PLN Wilayah NTT Richard Safkaur didampingi Manajer PLN Area Kupang dan Manajer PLN Rayon Kupang melakukan peninjauan langsung ke sejumlah sekolah di Kupang. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan pasokan listrik.

General Manager PLN NTT, Richard Safkaur, sejak awal bulan Maret 2016 telah menginstruksikan jajaran PLN di NTT di tingkat Area dan Rayon untuk melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan setempat dan pimpinan sekolah peserta UNBK.




Koordinasi untuk memastikan kesiapan pasokan listrik dan mengecek kesiapan jaringan listrik internal sekolah-sekolah penyelenggara UNBK.

“Dari aspek kesiapan pasokan listrik, khusus Kota Kupang, PLN memiliki daya yang cukup untuk mendukung pelaksanaan UNBK," ujar Safkaur, Minggu (3/4/2016).

Data dari Kementerian Pendidikan Nasional menyebutkan peserta UNBK di Provinsi Nusa Tenggara timur terdapat 32 SMK/SMA yang terdiri dari 24 SMK dan 8 SMA. Jumlah sekolah peserta UNBK terbanyak berada di Kota Kupang.

Sebelumnya PLN wilayah NTT juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota, untuk mendapatkan informasi sekolah-sekolah peserta UNBK di Kota Kupang.

BERITA TERKAIT

PLN juga telah mengunjungi enam sekolah di Kota Kupang untuk memerika dan memberi pelatihan singkat kepada pihak sekolah terkait langkah-langkah untuk mengamankan pasokan listrik, serta mencegah dan mengantisipasi terjadi gangguan pasokan listrik yang bersumber dari internal sekolah.

“Kami juga akan menyiagakan piket di semua sekolah penyelenggara UNBK, masing-masing dua orang, selama masa ujian berlangsung,” tambah Richard Safkaur.

Sementara itu di wilayah Jawa Barat, PLN distribusi jawa Barat telah memastikan ketersediaan pasokan listrik di sekolah-sekolah dan lokasi penyelenggaraan Ujian Nasional.

PLN juga telah meastikan tidak akan melakukan pemeliharaan mesin pada saat ujian berlangsung, sekolah penyelenggara ujian akan menjadi prioritas selama proses ujian berlangsung.

Di Kalimantan Tengah Kalimantan selatan(kalselteng), guna mengurangi defisit pasokan listrik, PLN telah berhasil melakukan penambahan pasokan daya listrik sebesar 30 Mega watt(MW ) yang telah berhasil masuk kedalam interkoneksi kelistrikan wilayah kalselteng.

Tambahan 30 MW ini berasal dari relokasi mesin Pembangkit Listrik tenaga Diesel (PLTD ) yang didatangkan dari bali.

Dengan total mesin sebanyak 24 dan 2 mesin cadangan yang diletakkan di PLTD Trisakti, komplek sector pembangkit Barito.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas