Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pakai Gas PGN, RS Husada Utama Bisa Hasilkan Gas Buang Ramah Lingkungan

Rumah Sakit Husada Utama Surabaya telah menggunakan gas bumi dari PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) selama puluhan tahun

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Pakai Gas PGN, RS Husada Utama Bisa Hasilkan Gas Buang Ramah Lingkungan
http://static.panoramio.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rumah Sakit Husada Utama Surabaya telah menggunakan gas bumi dari PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) selama puluhan tahun.

Koordinator Mechanical Electrival Rumah Sakit Husada Utama Surabaya, Purwanto mengatakan, pemakaian gas di rumah sakit untuk pengoperasian boiler dan kegiatan masak-memasak sudah lama.

"Saya masuk di Rumah Sakit Husada Utama sejak‎ 2005, ketika saya liat jaringan gasnya terlihat juga sudah lama, jadi jauh sebelum saya masuk di sini, sudah memakai gas juga," ujar Purwanto saat dihubungi, Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Purwanto mengatakan, pemakaian gas pastinya lebih hemat jika menggunakan bahan bakar solar untuk pengoperasian boiler, terlebih biaya pembelian solar dikenakan harga solar industri.

"Datanya saya kurang tahu detail, tapi misalnya biaya solar setiap bulan Rp 60 juta, maka kalau pakai gas itu hanya Rp 30 juta, jadi hemat 50 persen" tuturnya.

Selain hemat, kata Purwanto, terpenting yaitu emisi gas buang yang dihasilkan juga lebih ramah lingkungan dibandingkan memakai solar, sehingga tidak menghasilkan asap yang hitam.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas