Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Lebih Utamakan Keselamatan, Penumpang Pelni Selama Lebaran Turun 16.486 Orang

Penyelenggaraan Angkutan Lebaran dengan transportasi laut berlangsung selama 1 bulan

Penulis: Hendra Gunawan
zoom-in Lebih Utamakan Keselamatan, Penumpang Pelni Selama Lebaran Turun 16.486 Orang
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Angkutan Lebaran dengan kapal laut PT Pelni berakhir pada Minggu (17/7/2016). Penyelenggaraan Angkutan Lebaran dengan transportasi laut berlangsung selama 1 bulan (18 Juni -17 Juli 2016).

PT Pelni dalam angkutan lebaran 1437 H telah mengoperasikan 26 kapal, naik 1 armada dibanding tahun 2015, dengan 25 armada. Dalam melayani pemudik Pelni zero accident. Semua berjalan lancar, aman dan terkendali.

Data sementara pada Angkutan Lebaran tahun 2016 ini Pelni mengangkut 762.708 orang turun 16.486 orang dari tahun lalu 779.194 atau turun 2,13 persen.

"Penurunan karena Pelni mengutamakan keselamatan dengan membatasi penumpang sesuai kapasitas angkut yang diijinkan regulator," kata Akhmad Sujadi, Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan PT Pelni, Senin (18/7/2016).

Pemberlakuan pembatasan kapal sesuai batas toleransi membuat para penumpang nyaman dan aman dalam perjalanan. Di sisi lain pembatasan penumpang menimbulkan potensi calon penumpang tidak terangkut.

Namun berkat kordinasi dan komunikasi dengan otoritas pelabuhan, Pelni dapat menjalankan kapal tambahan dengan mengoperasikan Kapal Fery Cepat (KFC) Jetliner dan kapal perintis.

Pada arus mudik KFC Jetliner dua kali dioperasikan dari Makassar ke Bima dan 1 kapal Perintis dari Makasar ke Bima (KM. ENTÈBE Ekspres). Sedangkan pada arus balik, Pelni menjalankan 5 kapal tambahan dari Labuan Bajo 3 kali dan dari Bima 1 kali pelayaran. Serta Sanus 48 Ambon-Banda-Tual-Dobo satu kali.

BERITA TERKAIT

Pelni bersama otoritas Pelabuhan Bima Labuan Bajo dan Ambon berusaha meningkatkan pelayanan dengan menambah jadwal kapal Jetliner, Sanus 50 NTB Ekspres dan Sanus 48 Ambon-Banda-Tual-Dobo untuk melayani masyarakat.

Kapal kapal perintis dan kapal cepat Jetliner dengan rute rutin Baubau-Wanci-Kendari ini terbukti mampu menjadi solusi mengangkut penumpang dari Makasar tujuan Bima dan sebaliknya pada masa angkutan lebaran 1437 H.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas