Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Reksadana Campuran Paling Diburu

Salah satu produk yang kecipratan kegemilangan reksadana pendapatan tetap adalah CIMB Principal Bond.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Reksadana Campuran Paling Diburu
CIMB
CIMB Principal Bond merupakan salah satu produk reksadana pendapatan tetap yang banyak diminati investor. Reksadana ini dipasarkan oleh CIMB Principal Asset Management. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Bergairahnya bursa saham. menyebabkan laju kinerja sejumlah produk reksadana kian menggiurkan.

Walaupun sepanjang tahun ini laju kinerja reksadana saham menduduki peringkat pertama, tapi dalam kurun tiga tahun terakhir yang menjadi jawara adalah reksadana campuran.

Reksadana campuran keluaran PT Ciptadana Asset Management, yakni Cipta Balance mencatatkan kinerja nomor wahid, dengan return 89,09 persen dalam kurun waktu tiga tahun.

Tak mengherankan, lantaran jenis produk ini mendapat sokongan dari pasar saham maupun obligasi yang tengah menanjak tajam belakangan.

Sementara pamor reksadana pendapatan tetap mulai merangsek naik di awal tahun 2016. Penyebabnya tak lain karena keputusan Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunga acuan tiga kali dalam tiga bulan pertama tahun 2016 ini.

Alhasil, pasar obligasi dalam negeri mulai menarik minat banyak pihak, termasuk manajer investasi.

Salah satu produk yang kecipratan kegemilangan reksadana pendapatan tetap adalah yang dipasarkan CIMB Principal Asset Management, yakni CIMB Principal Bond.

BERITA TERKAIT

Kinerja produk ini menjadi terbaik kedua di kategori reksadana pendapatan tetap dengan return 49,48%.

Mengacu fund fact sheet per Juni 2016, mayoritas dana memang dialokasikan pada instrumen surat utang sebesar 98,76% dan efek lain 1,24%.

Lima besar efek dalam portofolio meliputi Surat Berharga Negara (SBN) seri FR0031, FR0035, FR0036, FR0043, serta sukuk negara seri PBS007.

Reksadana ini menyentuh return tertinggi pada April 2015 sebesar 7,1% dan return terendah pada Januari 2011 yakni minus 4,62%.

Presiden Direktur CIMB Principal Asset Management Ridwan Soetedja berujar, perusahaan sengaja memarkirkan dana pada SBN.

Sebab, di kala pasar surat utang domestik bullish, harga SBN akan menanjak lebih kencang ketimbang pergerakan harga obligasi korporasi.

Saat ini likuiditas SBN yang jauh lebih besar dibandingkan dengan obligasi korporasi.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas