Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sebaiknya Ajari Anak Cara Berinvestasi Sejak Dini

“Mulai sekolah dasar sudah bisa diajarkan, yang penting ada keterbukaan sehingga bisa lihat ketulusan dan potensi anak-anak kita."

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Sebaiknya Ajari Anak Cara Berinvestasi Sejak Dini
CIKAL NEWS
Satria Hamid, Corporate Communication General Manager PT Trans Retail Indonesia ini sudah mengenalkan konsep investasi ke tiga anaknya sejak masih duduk di bangku SD. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bagi Satria Hamid, bukan cuma budaya menabung yang kudu ditanamkan ke anak-anaknya sejak dini, juga berinvestasi.

Tak heran, Corporate Communication General Manager PT Trans Retail Indonesia ini sudah mengenalkan konsep investasi ke tiga anaknya sejak masih duduk di bangku sekolah dasar.

Buat Satria, mengajarkan anak-anaknya berinvestasi sejak dini sangat penting. Ini juga jadi bagian dari melatih kemandirian dan pengembangan karakter mereka.

“Mulai sekolah dasar sudah bisa diajarkan, yang penting ada keterbukaan sehingga bisa lihat ketulusan dan potensi anak-anak kita,” kata ayah dari Daffalvie, Qaylila Humair, dan Darryl ini.

Sebelum mengenalkan investasi, Satria lebih dulu melatih ketiga buah hatinya menabung. Caranya, dia membuka rekening di bank untuk anak-anaknya.

Lalu, ia memasukkan uang jajan bulanan mereka ke tabungan itu. Lewat tabungan ini, anak-anak Satria termotivasi untuk menyisihkan sebagian uang jajan bulanannya.

Selanjutnya, Satria mempercayakan pengelolaan keuangan yang ada di tabungan kepada anak-anaknya.

BERITA REKOMENDASI

Dengan begitu, ia berharap bisa mengajarkan mereka untuk peduli dengan kondisi keuangannya. Termasuk, anak-anaknya akan lebih bisa menghargai uang sekaligus proses pencarian duit.

Tentu, Satria tetap melakukan pendampingan. Biasanya dia dan sang istri bersama ketiga anaknya mengadakan komunikasi terbuka.

Ia menyebutnya sebagai family meeting. Pada kesempatan itu, Satria juga berbagi tip mengelola keuangan plus ilmu soal investasi.

“Saya harus mempersiapkan investasi anak-anak dari kecil, sehingga mereka kelak memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik,” ungkap lulusan SMAN 1 Budi Utomo Jakarta ini.

Satria bahkan sudah mengenalkan instrumen investasi kepada anaknya. Untuk tahap awal, ia mengikutsertakan anak-anaknya ke dalam produk asuransi berbalut investasi atawa unitlink.

“Saya cerita ke mereka, ini adalah unitlink dan ayah tiap bulan membayar sekian yang nanti uang itu akan berbiak,” ujar Satria.

Menghargai uang

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas