Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Waspadalah Saat Kondisi Keuangan Sedang Labil

Menurut Tejasari, Perencana Keuangan Tatadana Consulting, gaji numpang lewat merupakan salah satu gejala keuangan Anda sedang tidak sehat.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Waspadalah Saat Kondisi Keuangan Sedang Labil
ISTIMEWA
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Sering dengar, dong, istilah gaji lima koma. Bukan gaji lima koma sekian juta, ya, bukan. Tapi, gaji setelah tanggal lima langsung koma alias hampir habis atau malah ludes enggak tersisa di rekening.

Ada lagi istilah gaji numpang lewat. Mirip dengan istilah gaji lima koma, begitu dapat gaji langsung habis dalam hitungan hari. Langsung buat bayar tagihan ini itu, cicilan ini itu.

Menurut Tejasari, Perencana Keuangan Tatadana Consulting, gaji lima koma atawa gaji numpang lewat jadi salah satu gejala keuangan Anda sedang tidak sehat. “Belum habis bulan, sudah tidak punya uang,” katanya.

Ingat! yang bisa sakit bukan hanya tubuh, keuangan Anda juga bisa sakit, lo. Sama seperti tubuh, sebelum betul-betul sakit, keuangan Anda lebih dulu menunjukkan gejala-gejala kondisi mulai tidak sehat.

Sebelum sakit

Jadi, sebelum terlanjur sakit betulan, yuk, kenali keadaan yang jadi tanda-tanda akan munculnya kondisi keuangan Anda yang mulai enggak sehat.

Selain gaji sudah tak bersisa lagi sebelum bulan berganti, Tejasari mengungkapkan, ada beberapa gejala lainnya.

BERITA TERKAIT

Pertama, Anda sulit membayar cicilan saat jatuh tempo. Begitu juga jika memiliki utang kartu kredit, Anda tidak mampu langsung melunasi setiap bulan sehingga harus mencicil dengan bunga yang kian besar.

Kedua, Anda tidak memiliki dana darurat yang jumlahnya minimal tiga kali pengeluaran bulanan. Sesuai namanya, dana ini untuk kondisi darurat dan tentunya hanya digunakan dalam kondisi darurat.

Contoh, saat Anda atau keluarga menderita sakit atau mendapat musibah, kemudian Anda terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Dana darurat berfungsi untuk menyelamatkan Anda dari kejadian-kejadian tak terduga semacam itu.

Ketiga, Anda sering kesulitan bahkan sudah tidak bisa lagi menyisihkan uang untuk ditabung secara rutin.

Dalam kondisi ini, pengeluaran bulanan Anda tanpa ada tabungan sama atau lebih besar dibandingkan dengan penghasilan.

Keempat, Anda tidak punya perencanaan dan persiapan finansial untuk masa depan. Misalnya, untuk biaya pendidikan anak dan dana pensiun.

Perencanaan dan persiapan keuangan bukan hanya alokasi dana bulanan, juga target keuangan yang ingin Anda capai dalam jangka waktu tertentu.

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas