Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Freeport Tetap Bersikeras, Ini Tawaran Jalan Tengah yang Diajukan Pemerintah

Jika Freeport tidak bisa menerima IUPK yang ditawarkan pemerintah, maka Freeport tetap bisa berstatus KK. Namun tak boleh lagi mengekspor konsentrat.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Freeport Tetap Bersikeras, Ini Tawaran Jalan Tengah yang Diajukan Pemerintah
Freeport Indonesia
Aktivitas pekerja di tambang bawah tanah di tambang PT Freeport Indonesia di Papua. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya (ESDM) siap berdiskusi dengan PT Freeport Indonesia (PTFI). Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri ESDM, Hadi M Djuraid mengatakan, pemerintah sebenarnya telah memberikan solusi berupa Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) yang ditawarkan kepada Freeport.

Freeport bahkan diberikan waktu selama enam bulan untuk mengkaji mengenai IUPK tersebut.

"Dalam enam bulan ini semestinya berjalan normal dan masyarakat tidak jadi korban. Itu solusi dan titik tengah dari pemerintah sehingga perusahaan tetap berjalan, mereka pun punya waktu untuk mengkaji apakah menerima sepenuhnya IUPK ini atau ada pikiran lain," jelas Hadi, Senin (27/2/2017).

Jika Freeport tidak bisa menerima IUPK yang ditawarkan pemerintah, maka Freeport tetap bisa berstatus KK. Namun tidak boleh lagi melakukan ekspor konsentrat.

"Kami beri jalan dan membuka diri bahwa IUPK ini kalau tidak cocok, bisa kembalikan. Kami kasih jalan semaksimal mungkin sepanjang tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku. Jadi Freeport bisa kembali ke KK, tapi dengan catatan ketika jadi KK, ya tidak boleh ekspor lagi," ujar Hadi.

Pemerintah berharap tidak ada penghentian operasi tambang di Freeport.

Baca: Punya Pengalaman Lama di Industri Tambang, Inalum Siap Ambil Alih Freeport

BERITA TERKAIT

Pasalnya, pemerintah telah mengantisipasi agar usaha Freeport di Papua tetap bisa berjalan, salah satunya dengan memberikan rekomendasi ekspor.

Selain itu, Hadi juga bilang, Kementerian ESDM telah melakukan koordinasi lintas kementerian agar rekomendasi eskpor bisa dijalankan. Namun, Freeport malah merumahkan karyawannya.

"Kan opsi lain belum tuntas, negosiasi juga masih berjalan, peluang untuk lakukan ekspor sudah dibuka. Tetapi kemudian langkah yang dilakukan pertama ialah PHK. Nah, ini saya kira situasi yang diperhitungkan pihak Freeport untuk mengurangi dampak yang lebih buruk terhadap situasi yang saat ini terjadi," katanya.

Hadi bilang, saat ini, memang belum ada laporan resmi kepada Kementerian ESDM terkait jumlah karyawan yang terkena PHK atau dirumahkan. Namun menurut Uskup Timika John Philip Saklil, Freeport telah merumahkan 1.150 pekerjanya.

Baca: Inalum Klaim Punya Dana untuk Ambil Alih 51 Persen Saham Freeport

Selain itu, Freeport juga mengurangi dan menghentikan dana bagi masyarakat. Padahal, menurutnya, Freeport harus menjalankan kewajibannya terhadap masyarakat dengan memberikan dana hak, dana hibah, dana corporate social responsibility (CSR).

Menteri ESDM Ignasius Jonan, Senin (27/2/2017) pagi, memang melakukan pembicaraan dengan perwakilan masyarakat Papua yang dihadiri oleh Uskup Timika John Philip Saklil, perwakilan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK), perwakilan dari Suku Moni, Suku Dani, Suku Duga, Suku Damal, dan Suku Mee.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas