Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Negara-negara ASEAN Tertarik Beli Kapal Perang Buatan Indonesia

Budiman memaparkan Malaysia pun telah memesan kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) yang bisa memuat hingga lima helikopter.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Negara-negara ASEAN Tertarik Beli Kapal Perang Buatan Indonesia
youtube
PT PAL Indonesia (Persero) menyelesaikan dua Kapal Perang pesanan 2 kementerian Pertahanan. Dua Kapal Perang itu diluncurkan 29 September 2016 di Dok Semarang Divisi Kapal Niaga PT PAL INDONESIA (Persero). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapal perang produksi PT PAL Indonesia banyak dilirik negara-negara ASEAN.

Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh menuturkan pemesanan bertambah setelah melihat kapal perang produksi PAL yang digunakan Filipina.

"Orang melihat Filipina menggunakan SSV 123 meter. Itu jadi daya tarik. Magnet buat negara-negara ASEAN lainnya," ungkap Budiman Saleh saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kamis (13/7/2017).

Budiman memaparkan Malaysia pun telah memesan kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) yang bisa memuat hingga lima helikopter.

"Contoh malaysia menginginkan LPD atau yg mereka sebut MRSS (multi role strategic support ship) itu 163 m, lebih besar, dan meminta untuk bisa dimuati kurang lebih tiga helikopter on deck, dua di dalam hanggar. Jadi lebih bersifat seperti helikopter carrier, " papar Budiman.

Sedangkan Filipina akan kembali menambah pemesan dengan rincian dua kapal SSV, 1 SSV Hospital Ship, dan 2 kapal jenis KCR 60 meter.

BERITA TERKAIT

Kini pemesanan-pemesanan kapal tersebut masih didiskusikan. Rencananya kontrak pengerjaan bisa dilakukan pada tahun 2018 mendatang.

"Kemudian, ini yang sedang kita kejar karena targetnya baru dimulai pekerjaan penetrasi pasarnya, tentunya dalam waktu paling cepat 2018 sudah terjadi kontrak," pungkas Budiman.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas