Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Angkasa Pura I Siap Layani Ribuan Tamu Undangan Pernikahan Putri Jokowi

untuk memfasilitasi tambahan penerbangan ini, di Bandara Adi Soemarmo Solo telah disiapkan apron tempat parkir pesawat sebanyak 21

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Angkasa Pura I Siap Layani Ribuan Tamu Undangan Pernikahan Putri Jokowi
TRIBUN JATENG/GALIH PERMADI
Bandara Adi Soemarmo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero), pengelola Bandara Adi Soemarmo dan Adi Sutjipto telah menyiapkan diri dalam mengantisipasi kedatangan ribuan tamu undangan pernikahan putri Presiden Joko Widodo pada 8 November 2017 di Solo.‎

Berdasarkan data terkini, hingga 9 November terdapat 29 pesawat charter, yaitu ‎maskapai Garuda Indonesia, Enggang Air, Premi Air, TNI, Karisma Bahana Aviation, Sriwijaya Air, Indonesia Air Transport, Sari Rahayu Biomantra, Jhonlin Air Transport, Transwisata, Seacon Aviation Air Pacific, dan empat pesawat tambahan dari Garuda serta Sriwijaya Air.

Corporate Secretary Angkasa Pura I Israwadi mengatakan, untuk memfasilitasi tambahan penerbangan ini, di Bandara Adi Soemarmo Solo telah disiapkan apron tempat parkir pesawat sebanyak 21 parking stand yang dapat digunakan dalam waktu bersamaan.

Adapun konfigurasi parking stand tersebut meliputi 1 parking stand untuk pesawat wide body, 3 parking stand untuk pesawat narrow body, 9 parking stand untuk pesawat dengan rentang sayap (wingspan) kurang dari 20 meter, dan 8 parking stand untuk pesawat dengan wingspan kurang dari 30 meter.

Jika terdapat permintaan tambahan slot penerbangan ke Bandara Adi Soemarmo Solo, kata Israwadi, maka penerbangan tersebut akan dialihkan parkirnya ke Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta.

"Di sana akan dialokasikan total 10 parking stand untuk pesawat dengan wingspan kurang dari 20 meter," ucap Israwadi, Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Direktur Operasi Angkasa Pura I Wendo Asrul Rose menambahkan, perseroan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti pihak maskapai, groundhandling, TNI Angkatan Udara, dan instansi terkait ‎untuk memastikan keamanan dan kenyamanan operasional bandara dalam melayani penumpang umum dan tamu undangan.

"Koordinasi ini untuk memastikan ‎kegiatan operasional, terutama terkait kemanan dan keselamatan penumpang di bandara, dapat berjalan dengan lancar" ujar Wendo.

BERITA TERKAIT

Untuk menjaga kenyamanan tamu undangan yang akan melakukan perjalanan pulang melalui bandara Adi Sumarmo, dapat menikmati fasilitas ruang tunggu Concordia Executive Lounge berkapasitas 200 tempat duduk.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas