Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kemenhub: Abu Vulkanik Sudah Tidak Menutupi Ruang Udara Bandara Ngurah Rai

Ditjen Perhubungan Udara menegaskan abu vulkanik sudah tidak lagi menutupi ruang udara Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Sanusi
zoom-in Kemenhub: Abu Vulkanik Sudah Tidak Menutupi Ruang Udara Bandara Ngurah Rai
TRIBUN BALI/RIZAL FANANY
Gunung Agung mengeluarkan kepulan asap setinggi kurang lebih 3000 meter terlihat di Desa Kubu, Karangasem, Bali, Selasa (28/11). Menurut Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terdapat dua lubang didalam kawah yang menghasilkan asap tebal berwarna putih dan asap pekat berwarna kelabu. TRIBUN BALI/RIZAL FANANY 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Udara menegaskan abu vulkanik sudah tidak lagi menutupi ruang udara Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

"Dari hasil rapat koordinasi Emergency Operation Centre (EOC) pada hari ini pukul 13.00 WITA, ditarik kesimpulan bahwa sebaran vulcano ash sudah bergerak ke arah tenggara dan sudah tidak menutupi ruang udara I Gusti Ngurah Rai," ujar Seketaris Ditjen Perhubungan Udara Pramintohadi Sukarno melalui keterangan resminya, Rabu (29/11/2017).

Meski sudah dibuka kembali, Kementerian Perhubungan meminta para penyelenggara penerbangan untuk tetap waspada dan melaksanakan operasional penerbangan sesuai Standart Operating Procedures (SOP) yang berlaku.

"Kerjasama harus tetap dilaksanakan dengan baik antara BMKG, AirNav, pengelola bandara, maskapai, Otoritas Bandara bahkan hingga ke pilot," tutur Pramintohadi.

"Kewaspadaan tetap harus dijaga sehingga jika situasi kembali memburuk, keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan tetap akan bisa terjaga," pungkas Pramintohadi.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas