Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kiat Mudah Bangun Bisnis Kopi Kekinian

Berbagai hal perlu diperhatikan mulai dari lokasi, konsep, bahan baku, hingga pembukuan.

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Kiat Mudah Bangun Bisnis Kopi Kekinian
youtube
PT KAI promosikan kopi lokal di Stasiun Gubeng, Surabaya, Rabu (31/1/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Peluang bisnis kopi saat ini terbuka lebar bagi mereka yang mau menekuninya.

Tidak hanya karena kedai kopi sedang digandrungi masyarakat, tetapi juga potensi bisnis kopi sebagai usaha dengan keuntungan yang menjanjikan.

Tak heran jika banyak pecinta kopi yang beralih dari penikmat menjadi pengusaha karena melihat prospek yang cerah dari bisnis kedai kopi.




Dibutuhkan kiat-kiat tertentu dalam memulai bisnis kedai kopi.

Pada hari Sabtu, 27 Januari 2018 lalu, Ralali.com gandeng Simetri Coffee Roasters adakan workshop “A to Z about Opening a Coffee Shop” yang digelar di Simetri Coffee Roasters, Puri Kembangan, Jakarta.

Pada workshop tersebut, hadir sebagai pembicara adalah Ranu Prasetyo (Marcomm Manager Ralali.com), Andrey Rahardja (Head Barista Simetri Coffee Roasters), dan Bryan Pringgoadimulyo (Key Account Toffin Indonesia).

Ketiganya memberikan tips and tricks yang berbeda, dimulai dari membangun kedai kopi kekinian hingga teknik manual brewing yang saat ini sedang populer di kalangan penikmat kopi.

BERITA TERKAIT

Baca: Promosikan Kopi, KAI Bagikan Ribuan Cangkir Kopi Gratis

Puluhan peserta yang datang dari berbagai latar belakang sangat antusias mengikuti workshop yang dikemas dalam praktik dan bincang-bincang santai ini.

Bryan Pringgoadimulyo, yang telah bertahun-tahun bergelut dalam bisnis Food and Beverages (F&B) mengatakan bahwa membuka bisnis kedai kopi membutuhkan strategi yang SSG alias Susah-Susah-Gampang.

Berbagai hal perlu diperhatikan mulai dari lokasi, konsep, bahan baku, hingga pembukuan.

“Kunci kesuksesan sebuah kedai kopi tidak hanya bergantung pada lokasi yang strategis dan konsep yang menarik, tetapi juga bagaimana kita memberdayakan skill dari employee, dalam hal ini adalah para barista,” kata Bryan.

Bryan juga mengatakan bahwa mengelola bisnis kedai kopi memang terlihat tricky, tapi setelah dijalani akan terasa menyenangkan, terutama bagi mereka yang memang memiliki passion.

Tak hanya kiat-kiat membuka kedai kopi, pada workshop ini peserta yang hadir juga belajar teknik manual brewing langsung dari ahlinya, yakni Andrey Rahardja, yang kenikmatan racikan kopinya tak perlu diragukan lagi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas