Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mulai 25 April, Penerima Bantuan Pangan Non-tunai Dinaikkan Dua Kali Lipat Jadi 3,5 Juta Orang

Penyaluran tambahan KPM ini akan diberikan kepada masyarakat miskin di 24 kabupaten/kota.

Mulai 25 April, Penerima Bantuan Pangan Non-tunai Dinaikkan Dua Kali Lipat Jadi 3,5 Juta Orang
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ratusan warga menyerahkan kupon sembako pada acara Penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Gedung PSBN Wyata Guna, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Kamis (1/3/2018). Bantuan pangan dari pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) itu diberikan setiap bulan melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH / pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank HIMBARA. Tujuannya untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 


Laporan Reporter Kontan, Ramadhani Prihatini

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah bulan ini akan memperluas penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Maklum saja, saat ini BPNT hanya disalurkan pada 1,2 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 44 kabupaten/kota.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial, Andi Z A Dulung menyatakan, pada 25 April 2018 akan dilakukan perluasan penyaluran kepada 2,36 juta KPM.

Itu artinya, sasaran penyaluran naik hampir dua kali lipat dari jumlah sasaran saat ini.

Penyaluran tambahan KPM ini akan diberikan kepada masyarakat miskin di 24 kabupaten/kota.

"Insya Allah April ini mulai perluasan BPNT, jadi total 3,5 juta penerima, " kata Andi kepada Kontan.co.id, Minggu (8/4/2018).

Baca: All New R15 Hadir dengan Suspensi Upside Down Warna Emas

Pemerintah menargetkan pada 25 April 2018, dana bantuan pangan senilai Rp 110.000 per bulan, sudah bisa masuk ke rekening penerima KPM. Ia juga memastikan perbankan BUMN dan e-warung pada daerah penerima KPM siap melaksanakan program ini.

"Sudah siap semua, itu sebabnya dimulai," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri KoordinatorPembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani bilang perluasan akan dilakukan pada beberapa kota. Diantaranya, Banda Aceh, Solok, Bengkulu, Pangkal Pinang dan Tanjung Pinang.

 
 

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas