Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PLN Pastikan PLTGU Cilegon Beroperasi Normal Walau Ada Kebocoran Pipa

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir memastikan PLTGU tetap beroperasi dan tidak ada pemadaman listrik karena langsung dilakukan pengalihan

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in PLN Pastikan PLTGU Cilegon Beroperasi Normal Walau Ada Kebocoran Pipa
KOMPAS IMAGES
Sofyan Basyir 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pipa gas yang bocor di Perairan Banten merupakan saluran gas milik PT China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) yang menyalurkan gas ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Cilegon milik Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Namun, Direktur Utama PLN, Sofyan Basir memastikan PLTGU tetap beroperasi dan tidak ada pemadaman listrik karena langsung dilakukan pengalihan ke gas milik PGN.

"Sudah diatasi kok, enggak ngaruh. Listriknya tetep nyala kan. Kita langsung switching. Jalurnya kan banyak. Gak ada pemadaman kok," ungkap Sofyan Basir, saat ditemui di Gedung DPR, Senin (9/7/2018).

Lebih lanjut, Direktur Pengadaan Strategis PLN, Iwan Supangkat menjelaskan PLN memang memiliki kerjasama pemasokan gas dengan PGN dam CNOOC.

Baca: Disebut Peralat Prabowo, PKS: Amien Rais Tidak Culas dan Bukan Pengkhianat

Jadi saat aliran dari CNOOC diberhentikan karena adanya kebocoran, pihak PLN langsung mengoperasikan dari milik PGN.

"Engga kan pasokannya dari CNOOC dan PGN, CNOOC kan bocor ditutup sehingga pembangkitnya turun beban supply tapi gak padam karena ada supply PLTGU lain," kata Iwan Supangkat.

BERITA TERKAIT

Pipa gas bawah laut di perairan Banten mengalami kebocoran, Senin (9/8/2018) pagi sekitar pukul 10.00 WIB yang menyalurkan gas dari kawasan Pabelokan CNOOC ke kawasan Cilegon. Akibat kebocoran saat ini penyaluran gas sebesar 50 MMSCFD tersebut diberhentikan sementara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas