Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Cara Semakin Mudah untuk Melakukan Pembayaran PDAM

Kini, membayar tagihan PDAM tidak harus melalui loket pembayaran di kantor PDAM. Ya, badan ini telah bekerja sama dengan banyak layanan.

Editor: Content Writer
zoom-in Cara Semakin Mudah untuk Melakukan Pembayaran PDAM
TechinAsia

Air adalah sumber kehidupan dan jelas air yang bersih merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang tanggung jawab penyediaannya berada di tangan Pemerintah.

Di Indonesia, pemerintah menunjuk PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) sebagai badan yang memastikan pasokan air bersih untuk masyarakat di berbagai daerah bisa tersebar merata.

Agar dapat terus menggunakan layanan air bersih dari PDAM, masyarakat wajib membayar tagihan bulanan yang nilainya menyesuaikan pada pemakaian.

Kini, membayar tagihan PDAM tidak harus melalui loket pembayaran di kantor PDAM. Ya, badan ini telah bekerja sama dengan banyak layanan agar pelanggan dapat melakukan pembayaran lebih mudah dan cepat.

Bagaimana caranya? Berikut penjelasan cara mudah membayar tagihan PDAM, mulai dari yang paling konvensional sampai yang paling memudahkan Anda. Jadi jangan sampai Anda tidak membaca artikel ini sampai akhir.

Mobil layanan keliling PDAM

Bisa dikatakan ini adalah layan yang paling konvensional. Mobil layanan keliling disediakan secara resmi oleh PDAM sebagai sistem jemput bola yang mendekati pelanggan sehingga mereka lebih mudah membayar tagihan air setiap bulannya. Mobil pelayanan ini beroperasi pada waktu-waktu tertentu, sesuai jadwal yang ditetapkan.

BERITA TERKAIT

Anda harus mengingat jadwal tersebut untuk memastikan layanan tersedia saat akan melakukan pembayaran PDAM. Mobil layanan keliling ini biasanya beroperasi di pusat keramaian, seperti kantor kelurahan, kantor RW, terminal, masjid, taman kota, atau pusat belanja.

Bayar di Kantor Pos

Pembayaran PDAM juga bisa Anda lakukan melalui loket pembayaran PDAM di Kantor Pos. Anda hanya perlu mendatangi Kantor Pos terdekat, lalu melakukan pembayaran di loket khusus yang tersedia. Pembayaran melalui Kantor Pos biasanya berbentuk transaksi tunai. Jadi, jangan lupa siapkan uang tunai sesampainya di sana.

Bayar di minimarket

Beberapa minimarket di Tanah Air juga secara resmi terdaftar sebagai jaringan pembayaran PDAM. Pelanggan cukup mendatangi toko terdekat, lalu melakukan pembayaran di kasir atau pada mesin layanan mandiri yang disediakan.

Cara satu ini cocok untuk Anda yang sekalian ingin berbelanja. Namun, pembayaran di minimarket akan dikenakan biaya administrasi sehingga iuran yang dibayarkan akan sedikit lebih mahal.

Masih terasa merepotkan? Simak terus penjelasan yang semakin memudahkan Anda pada poin-poin selanjutnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas