Tribun Bisnis

Road To Dubai dimulai, Indonesia Menyiapkan Diri Menuju Expo Dunia 2020 di Dubai

Kementerian Perdagangan telah meluncurkan program khusus Road to Dubai di ajang pameran Trade Expo Indonesia 2018.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Road To Dubai dimulai, Indonesia Menyiapkan Diri Menuju Expo Dunia 2020 di Dubai
HandOut/Istimewa
Kementerian Perdagangan meluncurkan program khusus Road to Dubai di ajang pameran Trade Expo Indonesia 2018. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG – Tahun 2045 akan menandai 100 tahun bangsa Indonesia merdeka dan membangun, di mana Indonesia akan masuk sebagai negara besar yang diperhitungkan dunia.

Dengan modal kekayaan alam, keanekaragaman hayati, jumlah penduduk dengan keragaman budaya, serta perkembangan politik dan demokrasi yang semakin matang dan kondusif, Indonesia memiliki potensi besar untuk dapat berkompetisi di berbagai sektor di kancah internasional.

Untuk terus mendorong potensi dan peluang Indonesia di dunia, pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Perdagangan telah memastikan komitmennya untuk berpartisipasi, sebagai salah satu dari 180 negara peserta, dalam ajang expo dunia yang akan diselenggarakan di Dubai pada tahun 2020.

Selama enam (6) bulan expo berlangsung, yaitu mulai Oktober 2020 hingga April 2021, Pavilion Indonesia akan mempromosikan peluang emas berinvestasi, berbisnis maupun berwisata ke Indonesia, kepada pengunjung expo yang datang dari berbagai negara di dunia.

“Partisipasi dalam expo dunia, yang diselenggarakan setiap sekali dalam lima tahun, merupakan langkah penting bagi Indonesia untuk menunjukkan peran dan potensinya di pasar global, sebagai bagian dari perjalanan menuju Indonesia Emas 2045. Nation branding di Pavilion Indonesia akan mempromosikan peluang investasi, bisnis dan kerjasama di berbagai bidang seperti perdagangan, industri, edukasi, e-commerce, perkebunan, teknologi, telekomunikasi, lingkungan, pariwisata dan budaya. Indonesia siap menjawab tantangan dunia di perhelatan akbar expo dunia 2020 di Dubai,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Ir Arlinda, MA dalam keterangannya, Sabtu (27/10/2018).

Kehadiran Pavilion Indonesia, yang dirancang akan mengambil luas lahan sebesar 1.860m2 di Dubai Trade Center Jebel Ali, akan mengangkat sub tema Opportunity yang merupakan satu dari tiga sub tema yang ada: Sustainability, Opportunity, dan Mobility.

Pendanaan pembangunan dan penyelenggaraan Pavilion Indonesia selama Expo 2020 Dubai berlangsung akan didukung oleh sektor swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Swasta.

“Kami membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam Pavilion Indonesia melalui berbagai paket kerjasama sponsor yang menguntungkan kedua belah pihak,” jelas Arlinda.

Untuk mempersiapkan kehadiran Indonesia di Expo 2020 Dubai, yang bertema “connecting minds, creating the future”, Kementerian Perdagangan telah meluncurkan program khusus Road to Dubai di ajang pameran Trade Expo Indonesia 2018.

Program ini bertujuan untuk menyeleksi berbagai kerjasama inovatif kelas dunia antara Perusahaan, Pemerintah dan Masyarakat, dengan model kemitraan Public Private Partnership, yang akan menunjukkan bagaimana Indonesia akan bertransformasi menuju Indonesia Emas 2045.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas