Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Usai Diresmikan Jokowi, Bandara APT Pranoto di Samarinda Sediakan Penerbangan ke Jakarta

Masyarakat sudah bisa menikmati penerbangan dari dan ke bandara APT Pranoto melalui empat maskapai penerbangan tersebut.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
zoom-in Usai Diresmikan Jokowi, Bandara APT Pranoto di Samarinda Sediakan Penerbangan ke Jakarta
TRIBUNKALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
BANDARA APT PRANOTO-Bandara Aji Pangeran Tumenggun( APT) Pranoto di jalan Poros Samarinda Bontang, Kalimantan Timur yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Kamis( 25/10/2018). (TribunKaltim/Nevrianto Hardi Prasetyo). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 Oktober lalu, Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (APT) Pranoto di Samarinda menerima layanan dari empat maskapai penerbangan, yakni Travel Express, Susi Air, Batik Air dan Wings Air.

Masyarakat sudah bisa menikmati penerbangan dari dan ke bandara APT Pranoto melalui empat maskapai penerbangan tersebut.

"Saya bersyukur, maskapai nasional merespon dengan cepat untuk melayani masyarakat Samarinda dan sekitarnya dengan adanya penerbangan langsung ke Jakarta dari APT Pranoto," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti melalui keterangan resmi, Rabu (14/11/2018).

Mulai 21 November 2018, Batik Air akan menerbangi rute penerbangan langsung dari dan ke Jakarta sebanyak 5 kali dalam seminggu menggunakan pesawat udara jenis Airbus A320 dengan kapasitas 156 seat.

Sementara Travel Express melayani Samarinda-Berau PP 7x seminggu, Samarinda-Melak PP 7x seminggu dan Samarinda-Tanjung Selor PP 3x seminggu yang semuanya menggunakan pesawat udara jenis ATR 42 dengan kapasitas 42 seat.

Maskapai Susi Air melayani rute Samarinda-Balikpapan PP setiap hari dengan pesawat udara jenis cessna dengan kapasitas 12 seat.

Kemudian, Wings Air yang beroperasi sejak Senin, (12/11/2019), akan melayani rute Samarinda- Berau PP setiap hari sekali.

BERITA REKOMENDASI

Polana mengharapkan dengan adanya penerbangan di Samarinda dapat berdampak signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian di Samarinda dan kawasan sekitarnya seperti Bontang, Sangata, dan Tenggarong.

"Kami berharap sektor transportasi udara bisa membawa dampak positif buat perekonomian di sini (Kaltim), untuk itu kita dorong airlines untuk bisa menerbangi rute-rute lainnya dari dan ke APT. Pranoto", pungkas Polana.

Saat ini Bandar Udara APT Pranoto, Samarinda memiliki luas terminal 12.700 m2 yang dapat menampung sebanyak 1.500.000 pax/ tahun, dengan ukuran runway sepanjang 2.250m x 45m, taxiway berukuran 173m x 23m dan luas apron 300m x 123m dan memiliki hangar berukuran 36.342 m2, sehingga pesawat udara sejenis Boeing 737-800 ER dapat beroperasi di Bandara APT Pranoto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas