Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tak Hanya di Traveloka, Air Asia Juga 'Menghilang' di Tiket.com

Ternyata, tidak hanya di Traveloka saja penjualan tiket maskapai AirAsia menghilang, di situs Tiket.com juga mengalami hal serupa.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Tak Hanya di Traveloka, Air Asia Juga 'Menghilang' di Tiket.com
KOMPAS IMAGES
Pesawat AirAsia di Bandara Juanda, Surabaya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para netizen di lini masa media sosial twitter beberapa jam terakhir dihebohkan dengan menghilangnya penjualan tiket maskapai penerbangan AirAsia di situs Traveloka.

Ternyata, tidak hanya di Traveloka saja penjualan tiket maskapai AirAsia menghilang, di situs Tiket.com juga mengalami hal serupa.

Penelusuran Tribun di Tiket.com, penjualan tiket AirAsia ke tujuan-tujuan favorit seperti Denpasar, Yogyakarta, Surabaya dan Kuala Lumpur tidak ada.

Belum diketahui mengapa AirAsia mendadak hilang.

Namun, sebelumnya PR Manager Traveloka Busyra Oryza, mengaku saat ini maskapai Indonesia AirAsia masih melakukan pemeliharaan sistem, sehingga hal itu berdampak pada sistem reservasi tiket yang ada.

Memang, pada Senin (11/2/2019), Indonesia Air Asia sudah mengumumkan akan melaksanakan peningkatan tarif (upgrade) sistem reservasi Navitaire New Skies pada akhir pekan ini.

Warganet pertanyakan hilangnya tiket Airasia dari online travel agent.
Warganet pertanyakan hilangnya tiket Airasia dari online travel agent. (Twitter)

Dengan begitu, sistem reservasi Air Asia tak beroperasi untuk sementara waktu yakni selama 13 jam.

BERITA TERKAIT

Pekerjaan upgrade sistem reservasi dilaksanakan mulai Sabtu (16/2/2019) pukul 13.00 WIB hingga Minggu (17/2/2019) pukul 02.00 WIB.

Dalam keterangan resminya, AirAsia menyebut sistem reservasi ditutup dan tidak akan tersedia dalam kurun waktu itu di website airasia.com, aplikasi Air Asia, call center, kantor penjualan Air Asia, konter layanan pelanggan, dan konter check-in di bandara.

Di sisi lain, Direktur Komersial Indonesia AirAsia Rifai Taberi, mengatakan sejak Kamis (14/2/2019), secara "ajaib" tiket penerbangan domestik AirAsia menghilang dari online travel agent.

Rifai mengaku, sebelumnya tidak pernah ada masalah. Banyak pelanggan yang akhirnya bertanya ke AirAsia tentang ketidaktersediaan tiket Air Asia di online travel agent.

Oleh karena itu, AirAsia mengarahkan pelanggan untuk membeli tiket AirAsia melalui website dan mobile app, sehingga rencana perjalanan mereka tetap lancar.

"Memang AirAsia melakukan pemeliharaan sistem, tetapi hanya pada Sabtu 16 Februari 2019 pukul 13.00 WIB hingga Minggu 17 Februari 2019 pukul 02.00 WIB. Artinya, jauh hari sebelum pemeliharaan sistem, tiket domestik AirAsia sudah tidak tersedia di online travel agent," tegas Rifai Taberi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi resmi dari pihak Tiket.com terkait menghilangnya penjualan tiket Air Asia tersebut.(Willy Widianto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas