Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ma'ruf Amin Klaim Belum Ada Travel Haji dan Umrah yang Kantongi Sertifikasi MUI

"Aspek ibadah harus bersertifikasi. Kalau sudah syariah diaudit oleh dewan syariah nasional dan dikasih sertifikat," ujar Ma'ruf Amin.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Ma'ruf Amin Klaim Belum Ada Travel Haji dan Umrah yang Kantongi Sertifikasi MUI
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Pengunjung mendapat informasi seputar perjalanan haji dan umroh di salah satu stan travel haji dan umroh dalam Umroh & Haji Travel Fair yang diselenggarakan Kesatuan Tour Travel Haji Umrah Republik Indonesia (Kesthuri) di Trans Studio Mall, Kota Bandung, Selasa (9/12/2014). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin mengatakan belum ada satu pun travel haji dan umrah yang bersertifikasi MUI.

"Perusahaan harus ada serifikatnya dia jadi perusahaan syariah, kalau tidak ada ya tidak sah," jelas Ma'ruf Amin saat menjadi pembicara dalam seminar bertema Manajemen Bisnis Syariah Pada Travel Haji dan Umrah yang diselenggarakan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) di Hotel Bidakara, Rabu (6/3).

Dia menyebutkan pernah ada travel haji yang diberikan sertifikat namun dicabut kembali karena tidak memenuhi aturan yang diberikan. Padahal, jelas Ma'ruf, travel haji memiliki dua tanggungjawab yaitu aspek ibadah dan pengelolaan atau manajemen bisnis.

"Aspek ibadah harus bersertifikasi. Kalau sudah syariah diaudit oleh dewan syariah nasional dan dikasih sertifikat," ujar Ma'ruf Amin.

Baca: 55 Pejabat Kementerian PUPR Diduga Terima Suap Proyek Air Minum, KPK Janji Terus Dalami Kasusnya

Ke depan, dia berharap semua travel haji bisa mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Serta dapat terus memperkuat ekonomi syariah, serta mendorong industri halal.

Reporter: Benedicta Prima

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul "Aspek ibadah harus bersertifikasi. Kalau sudah syariah diaudit oleh dewan syariah nasional dan dikasih sertifikat," ujar Ma'ruf Amin. 

BERITA TERKAIT
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas