Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gandeng Milenial ke Industri Kreatif, Himpuni akan Gelar Seminar Nasional

Budi Karya menjelaskan bahwa Revolusi Industri 4.0 merupakan era dimana terjadi konektivitas secara nyata antara manusia, mesin dan data.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Gandeng Milenial ke Industri Kreatif, Himpuni akan Gelar Seminar Nasional
TRIBUNNEWS/REYNAS
Budi Karya Sumadi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perhimpunan Organisasi Alumni PTN Indonesia (Himpuni) akan menggelar dialog Nasional dengan tema 'Milenial Indonesia dalam Ekonomi Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0 pada 3 April mendatang.

Acara tersebut rencananya akan dihadiri langsung Presiden Jokowi sebagai Keynote Speaker.

Dalam acara tersebut Ketua Presidium II Himpuni yang juga Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi akan menyampaikan sejumlah gagasan kepada para millenial untuk mengembangkan segala potensinya demi menyongsong ekonomi kreatif di era Revolusi Industri 4.0. Gagasan tersebut mengenai kesiapan generasi Milenial menghadapi industri 4.0.

"Ini untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas industri nasional," Kata Budi Karya dalam keterangan Persnya, Sabtu, (23/3/2019).

Budi Karya menjelaskan bahwa Revolusi Industri 4.0 merupakan era dimana terjadi konektivitas secara nyata antara manusia, mesin dan data. Artinya, kehadiran Revolusi Industri 4.0 ini ditandai dengan otomatisasi dan digitalisasi.

"Jadi nantinya semua industri mengharapkan adanya otomatisasi guna mendorong bisnisnya," katanya.

Baca: Ribuan Petani Mitra Bersatu Menggelar Doa Bersama Untuk Indonesia

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut menurut Budi tantangan bangsa Indonesia saat ini potensi kondisi terjerat dalam Middle Income Trap, itu artinya pertumbuhan rata-rata Indonesia harus di atas rata-rata 6% dalam periode 2020-2030.

"Maka peran anak-anak milenial sangat dibutuhkan, dengan inovasi-inovasinya untuk bisa menghadapi Revolusi Industri 4.0," katanya.

Pemerintah juga kata Budi Karya berusaha semaksimal mungkin untuk mendorong Industri Indonesia, baik itu UMKM nya maupun sektor lain yang berkaitan dengan ekonomi kreatif dengan membangun sarana dan prasarana infrastruktur.

"Saya berharap anak-anak milenial ini nantinya bisa memanfaatkan seoptimal mungkin apa yang sudah pemerintah siapakan, karena tugas pemerintah adalah membuka playing field bagi dunia bisnis mulai dari Aceh sampai Papua," ujarnya

Akan hadir dalam seminar tersebut narasumber kompeten, yaitu Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Kim Chang Beom, Duta Besar Republik Korea untuk Indoensia, Gita Gutawa, Artis/Penyanyi dan Nadiem Makarim, Ceo Gojek.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas