Tribun Bisnis

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Pentingnya Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Kemajuan Bangsa

Kegiatan bisnis yang mendatangkan profit memang menjadi perilaku utama dalam sebuah perusahaan atau badan usaha. Namun perlu juga sebuah tanggung jawa

BizzInsight
Pentingnya Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Kemajuan Bangsa
Istimewa

TRIBUNNEWS.COM – Kegiatan bisnis yang mendatangkan profit memang menjadi perilaku utama dalam sebuah perusahaan atau badan usaha. Namun perlu juga sebuah tanggung jawab sosial yang tidak terbatas pada para pengguna produk yang dihasilkannnya.

Tanggung jawa sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) ini bisa diwujudkan dalam banyak hal. Mulai dari kegiatan yang bersifat incidental seperti pemberian bantuan untuk korban bencana, sumbangan, serta bantuan filantropi lainnya.

Lebih baik lagi jika bisa berkontribusi terhadap kemajuan bangsa. Hal ini yang dilihat Universitas Negeri Semarang (Unnes) dalam memilih tokoh anak bangsa untuk mendapatkan Penghargaan atas kontribusi dan dedikasinya terhadap negara.

Di sela kegiatan Dies Natalis Unnes tahun ini, Rektor Unnes Fathur Rokhman membarikan tiga perhargaan pada tiga tokoh Indonesia.

Ketiga tokoh ini adalah Mensesneg Pratikno, pendiri wisma Kasih Bunda Semarang Anne Avantie dan pengusaha Irwan Hidayat

Ketiganya dinilai mendedikasikan diri untuk berkontribusi terhadap kemajuan bangsa.

Rektor Unnes Fathur Rokhman memaparkan ketiganya si bidangnya masing-masing, dinilai memberi dampak positif terhadap kemajuan bangsa.

"Kami terus konsisten memberi pengakuan atas dedikasi masyarakat Indonesia yang positif," ujarnya.

"Kali ini kami memberikan penghargaan ke ketiga anak bangsa tersebut," imbuhnya.

Mensesneg Pratikno mendapatkan penghargaan Upakarti Reksa Bhumimandala, Anne Avantie mendapatkan penghargaan Upakarti Kanyaka Paramartha Adisajjana.

Sedangkan Irwan Hidayat mendapat penghargaan Upakarti Reksa Bhumimandala.

Menurut Fathur, Irwan Hidayat, sebagai pengusaha Indonesia memiliki inovasi besar terkait memajukan usahanya.

sido muncul 0204
Anne Avantie (kiri), Rektor Unnes Fathur Rokhman (tengah), dan Irwan Hidayat (kanan) saat pemberirian penghargaan dari Unnes di sela kegiatan Dies Natalis Unnes 2019

Direktur PT Sido Muncul ini menurutnya selalu memegang teguh tradisi Jogja dalam menjalankan bisnisnya serta menyajikan produk-produknya.

"Tiga tokoh ini tak hanya menunjukkan dedikasi tinggi terhadap profesinya. Tapi berkontribusi dan menginspirasi banyak orang," ungkap Rektor.

Sementara Irwan Hidayat mengaku bersyukur mendapat penghargaan ini. Selama ini ia mengaku menumbuhkan kepercayaan agar konsumen mau membeli produknya.

"Nilai nilai perawatan lingkungan dan budaya terus kami rawat," ujarnya.

Penulis: Dessita Chairani

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas