Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pekan Depan Menko Perekonomian Panggil 2 Menteri dan Maskapai Garuda terkait Mahalnya Tiket Pesawat

Darmin Nasution mengaku sengaja turun tangan mengurusi harga tiket pesawat yang masih tinggi saat menjelang mudik Lebaran 2019.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pekan Depan Menko Perekonomian Panggil 2 Menteri dan Maskapai Garuda terkait Mahalnya Tiket Pesawat
TRIBUNNEWS/SYAHRIZAL SIDIK
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Permerintah berusaha menekan harga-harga kebutuhan di tengah masyarakat, termasuk tarif tiket penerbangan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengaku sengaja turun tangan mengurusi harga tiket pesawat yang masih tinggi saat menjelang mudik Lebaran 2019.

Rencananya, pekan depan Darmin memanggil rapat Menteri Perhubungan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pihak maskapai penerbangan milik negara, yakni Garuda Indonesia.




Hal itu disampaikan Darmin dalam konferensi pers usai rapat koordinasi persiapan jelang Ramadan dan Lebaran 2019, di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

"Kami sudah membicarakan, perlu ada aturan yang jelas mengenai batas atas dan batas bawah itu supaya dipatuhi," ujar Darmin di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis siang.

"Karena biasanya jelang Idul Fitri dia naik lagi. Jadi nanti dari Kemenhub akan menjelaskan secara lebih rinci," sambung dia.

Baca: Kalahkan Wasekjen PDIP hingga Hidayat Nur Wahid di Singapura, Tsamara Amany Tak Lolos ke Senayan

Masalah mahalnya tiket pesawat dinilai perlu diselesaikan oleh pemerintah karena bisa berdampak kepada melonjaknya laju inflasi.

BERITA TERKAIT

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), harga tiket pesawat terus menerus menyumbang inflasi sejak November 2018.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiadi yang mewakili Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, rapat khusus mengenai tiket pesawat tersebut akan digelar Senin pekan depan.

Ia memastikan, rapat khusus tersebut akan mempertemukan Menteri Perhubungan, Menteri BUMN dan maskapai penerbangan yakni Garuda Indonesia.

"Kami harapkan nanti ada stabilitas dari harga tiket Garuda yang mungkin dirasakan (masih tinggi) seperti sekarang ini," kata dia.

Baca: Nila Moeloek Ingin Kembali Jadi Dosen Jika Tak Lagi Jabat Menteri

"Kami sudah membicarakan tadi perlu ada aturan yang jelas mengenai batas atas dan batas bawah itu supaya dipatuhi," ujar Darmin Nasution, mantan Gubernur Bank Indonesia.

"Karena biasanya jelang Idul Fitri dia naik lagi. Jadi nanti dari Kemenhub akan menjelaskan secara lebih rinci," sambung dia.

Stok Pangan
Pemerintah memastikan kebutuhan pangan dan bahan bakar minyak (BBM) menjelang Ramadan dan Lebaran, dalam kondisi aman.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas