Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

5 Daftar Aplikasi Pinjam Online yang Terdaftar di OJK

Untuk mengetahui fintech yang dijamin aman, salah satunya bisa dilakukan dengan melihatnya dari website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Editor: Content Writer
zoom-in 5 Daftar Aplikasi Pinjam Online yang Terdaftar di OJK
ISTIMEWA
Ilustrasi cara peminjaman online. 

Fintech dengan layanan pinjam online memang sedang menjamur belakangan ini. Tapi, sebagai calon nasabah kamu juga harus berhati-hati, karena semakin banyak pula fintech nakal yang tak hanya merugikanmu secara finansial, tapi juga mampu mengacaukan hidupmu.

Untuk mengetahui fintech yang dijamin aman, salah satunya bisa dilakukan dengan melihatnya dari website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Akan tetapi, untuk kamu yang ingin jasa peminjaman uang terbaik, berikut adalah daftar 5 aplikasi pinjaman dana online yang aman dan diawasi OJK.

Kredivo




Kredivo merupakan penyedia kredit online yang memberikan pinjaman dalam bentuk limit kredit mencapai Rp 30 juta. Limit tersebut nantinya bisa digunakan untuk belanja online di lebih dari 250 e-commerce rekanan Kredivo, dan dicairkan dalam bentuk dana tunai. Berbeda dengan lembaga keuangan konvensional yang biasanya mensyaratkan status sebagai karyawan berpenghasilan tetap dan kepemilikan kartu kredit selama satu tahun, persyaratan Kredivo hanyalah sebagai berikut:

1. Berusia minimal 18 tahun

2. Berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan

3. Berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Pulau Bali, Malang, Makassar, Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan Sukabumi.

BERITA TERKAIT

Untuk kamu yang mau pinjam online dana tunai di Kredivo, harus mendaftar Akun Premium terlebih dahulu. Pilihan tenor untuk opsi Pinjaman Tunai Kredivo mulai dari 30 hari, 3 bulan, hingga 6 bulan. Maksimal dana yang bisa kamu pinjam akan menyesuaikan dengan limit tenor 6 bulan pada akun Kredivo-mu. Apabila limit pada tenor 6 bulanmu sebesar Rp15.000.000, maka dana maksimal yang bisa dicairkan sejumlah Rp15.000.000.

Bunga yang dikenakan pada layanan pinjaman dana tunai ini mulai dari 2,95% per bulan. Proses pencairan dana hanya memakan waktu hitungan menit. Kredivo sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK, jadi kamu tak perlu khawatir untuk bertransaksi di sana.

TunaiKita

TunaiKita memberikan pinjaman dalam bentuk dana tunai mulai dari Rp1 juta hingga Rp 20 juta untuk calon debitur yang berdomisili di area Jabodetabek. Perihal tenor pinjaman, TunaiKita menyediakan mulai dari 10 hari, hingga 6 bulan. Terdapat dua jenis layanan yaitu Pinjaman Jangka Pendek, dan Cicilan. Pinjaman Jangka Pendek tenor pinjamannya 10-30 hari. Sedangkan Cicilan, mulai 3 bulan sampai 6 bulan. Pinjaman dari TunaiKita menawarkan kemudahan syarat dan kecepatan proses pencairan. Namun, tentu saja kemudahan itu tidak gratis.

Bunga yang dikenakan oleh TunaiKita untuk produk pinjaman jangka pendek adalah 13,5% untuk tenor pinjaman antara 10 hari sampai 30 hari. Ditambah lagi, biaya layanan harian 0,7-0,95 persen atau 21-28,5 persen per hari. Simulasinya, bila kamu hendak meminjam Rp 5 juta di aplikasi ini untuk tenor pinjaman 30 hari, maka bunga atau biaya yang harus kamu bayarkan mencapai Rp1.425.000. Sehingga, total yang harus kamu bayarkan saat jatuh tempo adalah Rp 6.425.000. Bunganya mencapai 28,5 persen dari total pokok utang yang kamu ajukan. TunaiKita juga sudah terdaftar di bawah pengawasan OJK.

Akulaku

Aplikasi pinjam online ini memiliki cara kerja yang sama dengan Kredivo. Selain bisa digunakan untuk belanja online, Akulaku juga bisa digunakan berbelanja di merchant offline. Limit maksimal yang diberikan Akulaku sebesar Rp 25 juta. Untuk berbelanja menggunakan Akulaku di e-commerce rekanan mereka, kamu harus memiliki riwayat belanja terlebih dahulu di situs Akulaku dengan minimal transaksi sejumlah Rp 200 ribu, atau memiliki riwayat belanja di e-commerce tersebut selama 6 bulan terakhir. Setelah itu barulah kamu bisa melakukan pembelanjaan di e-commerce rekanan Akulaku pilihanmu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas