Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Digadang-gadang Beroperasi Akhir Tahun Ini

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) ditargetkan bisa dioperasikan pada akhir 2019.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Digadang-gadang Beroperasi Akhir Tahun Ini
WARTA KOTA/MUHAMAD AZZAM
Pengerjaan proyek ruas tol Jakarta-Cikampek II (Elelvated). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) ditargetkan bisa dioperasikan pada akhir 2019.

Pimpinan Proyek Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) Chandra Hutabarat mengatakan, saat ini pengerjaan konstruksi jalan layang tol tersebut sudah mencapai 81 persen.

"Jadi saat ini progresnya sudah sampai 81 persen. Jadi target (rampung) sendiri itu bulan September, dan operasi bulan Oktober atau November, tergantung kelayakannya dulu, periksa kondisinya," kata Chandra saat dikonfirmasi, Selasa (7/5/2019).

Chandra menjelaskan, diperkirakan jalan layang tersebut sudah bisa digunakan pengguna tol pada libur Natal dan Tahun Baru 2020.

"Kami hampir selesai ya pasang steel box glider dari (total) 2.500, sudah terpasang 2.300. Nanti setelah itu, pengerjaan lain-lain itu kami rencanakan selesai September. Nataru (Natal dan Tahun Baru) mungkin sudah bisa dioperasikan, kalau musim mudik ini belum bisa," ujar Chandra.

Baca: Jasa Marga Pastikan Tol Eelevated Jakarta-Cikampek Tak Bisa Digunakan Mudik

Pemerintah sebelumnya menargetkan konstruksi tol layang itu bisa rampung pada saat mudik Lebaran 2019. Namun karena berbagai kendala, pengerjaannya molor.

Chandra menjelaskan, salah satu kendala yang berdampak pada lamanya pengerjaan jalan layang adalah terbatasnya jam kerja pekerja proyek. Hal itu karena kondisi arus lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek yang padat tiap hari.

BERITA TERKAIT

"Liat kondisi lalu lintas juga kadang kalau kondisi lalin jam 10 masih padat, kadang kami mundur, kami mulai sekitar jam 12. Jadi efektivitas jamnya kan semakin sedikit kan, jam lima itu kami sudah harus clear," ujar Chandra.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Konstruksi Tol Layang Jakarta-Cikampek Sudah Mencapai 81 Persen" 

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas