Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tinjau Terminal Pulogebang, Menhub Budi Dorong Penerapan Sistem Tiket Online

Secara keseluruhan, pelayanan di terminal tersebut sudah cukup baik. Namun, ia menemukan ada antrean cukup panjang di loket tiket salah satu PO.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Tinjau Terminal Pulogebang, Menhub Budi Dorong Penerapan Sistem Tiket Online
TRIBUNNEWS/RIA ANASTASIA
Menhub Budi Karya Sumadi di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Minggu (2/6/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pelayanan angkutan bus dan fasilitas Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Minggu (2/6/2019) menjelang Lebaran 2019.

Budi tiba di lokasi pukul 13.00 WIB ditemani Kepala BPTJ Bambang Prihartono, pengamat transportasi dari Universitas Indonesia Ellen Tangkudung dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Setibanya di terminal Pulogebang, Budi menyambangi posko kesehatan dan melihat langsung tes kesehatan para sopir bus.

Dia juga sempat berbincang dengan para pemudik, mengecek loket tiket bus dari beberapa perusahaan otobus (PO), meninjau proses ramp check hingga memberikan stiker laik jalan ke bus-bus.

"Kita ingin sekali menjadikan bus ini menjadi andalan transportasi darat. Bus adalah angkatan massal yang bisa diandalkan karena mengurangi penggunaan mobil pribadi, keunggulan lain dari bus ini adalah point to point," kata Budi. 

Baca: BJ Habibie Hingga Megawati Hadiri Pemakaman Ani Yudhoyono

"Kia memang mengkampanyekan agar bus ini makin digemari karena secara intensif Insya Allah tahun depan jumlah pemudik yang menggunakan bus lebih banyak," lanjutnya.

BERITA TERKAIT

Menurut Budi, secara keseluruhan, pelayanan di terminal tersebut sudah cukup baik. Namun, ia menemukan ada antrean cukup panjang di loket tiket salah satu PO.

Baca: Jenazah Ani Yudhoyono Tiba di TMP Kalibata

Budi mendorong agar semua PO memanfaatkan teknologi untuk membuat sistem tiket online, sehingga pelayanan bisa lebih efisien.

Selain terminal Pulogebang, Budi rencananya juga akan meninjau pelayanan di Stasiun Pasar Senen dan Bandara Internasional Soekarno Hatta.

"Saya pikir sistem ticketing harus diperbaiki karena memang seyogyanya ada satu proses yang mengarahkan penumpang ini menggunakan online.

"Nanti PO bisa sediakan dengan gadget di loket misalnya untuk yang membeli di lokasi. Masyarakat juga perlu diedukasi sosialisasi penggunaan online ini belum maksimal. Karena ada yang belum tahu ada yang mepet waktunya tapi sebenernya kalau disediakan online mereka bisa pesen lewat gadget lebih mempersingkat waktu," jelas dia.

Foto: Menhub Budi Karya Sumadi saat menyapa pemudik di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Minggu (2/6/2019).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas