Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pilpres 2019 Selesai, Pelaku Usaha Indonesia Optimistis Naikkan Harga

kalangan pelaku bisnis di Indonesia tercatat memiliki harapan tertinggi di dunia untuk menaikkan harga produk atau jasanya.

Editor: Sanusi
zoom-in Pilpres 2019 Selesai, Pelaku Usaha Indonesia Optimistis Naikkan Harga
ist
Grant Thornton 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Grant Thornton merilis International Business Report (IBR) terbaru untuk periode semester pertama 2019.

Data survei di 35 negara ini mencatat beberapa hasil menarik terkait tren pelaku bisnis global termasuk Indonesia.

Dalam survei tersebut, kalangan pelaku bisnis di Indonesia tercatat memiliki harapan tertinggi di dunia untuk menaikkan harga produk atau jasanya.

Tepatnya, 69 persen pelaku usaha berharap melakukan kenaikan harga jual di tahun mendatang.

Hasil ini naik cukup signifikan dibandingkan periode survei sebelumnya di semester dua tahun 2018 yang berada di level 55 persen.

Selepas perhelatan Pilpres 2019, tampaknya pelaku usaha mulai menunjukkan sinyal positif dalam ekosistem dunia usaha.

Sebagai perbandingan, level rata-rata ASEAN berada di angka 45 persen dan Global jauh lebih rendah yaitu 32 persen.

BERITA TERKAIT

Grant Thornton International Business Report (IBR) merupakan survei terhadap perusahaan terbuka maupun perseorangan sejak 1992.

Survei IBR dilakukan dengan memberikan kuesioner dan wawancara dengan lebih dari 5.000 responden di jenjang eksekutif, managing director, chairman atau eksekutif senior lainnya dari semua sektor industri yang dilakukan pada periode semester I 2019.

Keyakinan terhadap kondisi ekonomi Indonesia ke depannya juga tampak dari hasil survei lainnya, yang mana 79 persen pelaku usaha Indonesia berharap memperoleh pendapatan lebih tinggi dalam 12 bulan ke depan.

Angka tersebut, melejit jika dibandingkan periode sebelumnya yang berada di level 62 persen dan masih jauh di atas rata-rata ASEAN di kisaran 54 persen dan pelaku usaha global yang berada di level 35 persen.

Secara umum, optimisme bisnis pelaku usaha Indonesia berada di urutan ke-3 dunia pada periode survei kali ini dengan level optimisme di angka 66 persen, membuntuti Filipina dan Vietnam yang berada di posisi pertama dan kedua.

Optimisme Bisnis

Meskipun ASEAN menunjukkan optimisme bisnis yang baik, secara global pelaku usaha kembali mencatat penurunan terkait rata-rata optimisme bisnis dalam setahun ke depan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas