Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Bantu UMKM Go Online, Ralali Gerakkan Ratusan Ribu Agent

kontribusi UMKM Indonesia terhadap rantai pasok produksi global tercatat sedikit lebih tinggi dibandingkan negara tetangga

Bantu UMKM Go Online, Ralali Gerakkan Ratusan Ribu Agent
istimewa
Platform B2B marketplace, Ralali.com. 

TRIBUNNEWS.COM – Hari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Nasional yang jatuh setiap 12 Agustus, selalu menjadi momen pemerintah baik pusat maupun daerah untuk membesarkan semangat ekonomi kerakyatan.

Pada tahun 2017, program “UMKM Go Online” diusung guna memfasilitasi UMKM siap bersaing di skala nasional bahkan global.

Kilas balik mengenai data pertumbuhan pelaku UMKM di tanah air, pada tahun 2014 tercatat hanya sebanyak 1,56% masyarakat yang berprofesi sebagai pelaku usaha kecil dan menengah.

Angka ini naik menjadi 3,1% di tahun 2017 dan mencapai 4% di akhir tahun 2018.

Sementara untuk tahun 2019, pemerintah melalui kementerian menargetkan angka ini bisa tumbuh 1% sehingga sebanyak 5% dari total 269 juta penduduk Indonesia merupakan pelaku UMKM.

Merujuk data Kementerian Koperasi & UKM RI tahun 2018, UMKM Indonesia berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 60,34%.

Demi meningkatkan peran ekonomi kerakyatan, pemerintah menargetkan sumbangsih UMKM terhadap PDB menyentuh angka 65% atau sekitar Rp 2.394,5 triliun di tahun 2019 ini.
.
Sejalan dengan misi pemerintah dalam pengembangan UMKM, platform B2B marketplace di Indonesia, Ralali.com saat ini telah mampu menaungi lebih dari 600 ribu UMKM dengan target pemberdayaan 1 juta UMKM dalam 4 bulanan ke depan.

Chief Operations Officer (COO) Ralali.com, Alexander Lukman menuturkan, guna mencapai misinya, Ralali.com telah menyediakan berbagai akses dan konektivitas yang relevan bagi para pelaku usaha.

Pelaku UMKM Indonesia memiliki semangat dan antusiasme yang tinggi untuk berkembang, hal ini dibuktikan dengan terus bertambahnya pelaku UMKM yang bertransaksi dan memenuhi kebutuhan usahanya melalui platform digital.

Ralali.com menyikapi hal ini dengan memfasilitasi UMKM di Indonesia dengan menghadirkan infrastruktur teknologi secara holistik bagi pelaku UMKM.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas