Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mati Listrik di Ibu Kota dan Sekitarnya

Tragedi Mati Listrik Massal, Ini Saran Menteri BUMN kepada PLN

Menteri Rini meminta Direksi PT PLN belajar dari negara lain bagaimana normalisasi pasokan listrik secara cepat saat terjadi pemadaman

Tragedi Mati Listrik Massal, Ini Saran Menteri BUMN kepada PLN
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Menteri BUMN Rini Soemarno di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (8/7/2019) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyayangkan tragedi mati listrik massal yang terjadi awal bulan lalu.

Menteri Rini meminta Direksi PT PLN (Persero) belajar dari negara lain bagaimana normalisasi pasokan listrik secara cepat saat terjadi pemadaman.

“Seperti di London, blackout (gelap total) bisa dipulihkan paling lambat dua jam," ujar Rini, Selasa (20/8/2019).

Menurutnya skema distribusi listrik di negara-negara yang pernah mengalami blackout dapat ditangani, karena menggunakan house load system.

"Kami akan menggunakan household system di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta dan Surabaya. Saya harap kejadian gangguan listrik yang terjadi menjadi pembelajaran kami semua,” ujarnya.

Selain itu, Rini juga meminta PLN bekerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda) dalam membebaskan Right of Way (ROW) atau jarak bebas minimum di bawah Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

Kebijakan itu diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Ruang Bebas dan Jarak Bebas Minumum pada SUTT, SUTET dan SUTT Arus Searah untuk Penyaluran Tenaga Listrik.

kompensasi

Terkait pemadaman yang terjadi di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten pada Minggu (4/8/2019), PT PLN (Persero) akhirnya memenuhi janjinya untuk memberikan kompensasi bagi warga yang terdampak.

Adapun kompensasi yang diberikan bakal sesuai dengan deklarasi Tingkat Mutu Pelayanan (TMP), dengan Indikator Lama Gangguan sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 27 Tahun 2017.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
  Loading comments...

Berita Terkait :#Mati Listrik di Ibu Kota dan Sekitarnya

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas