Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Daun Kelor dan Minyak Sumbawa jadi Produk Herbal Unggulan Lombok

Banyak sekali manfaat yang dihasiilkan daun kelor ini, seperti dapat menjadi antioksidan dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi

Daun Kelor dan Minyak Sumbawa jadi Produk Herbal Unggulan Lombok
TRIBUNNEWS/HARI DARMAWAN
Hamsu Kadryan, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. 

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, MATARAM -  Hamsu Kadryan, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram mengatakan, daun kelor, dan minyak sumbawa kini menjadi obat herbal unggulan di Lombok.

"Produk unggulan minyak sumbawa ini sudah sangat dikenal, melegenda. Minyak ini sudah diteliti dan memiliki manfaat sebagai anti inflamasi, serta pereda nyeri darah sendi," ujar Hamsu di seminar pemanfaataan obat herbal yang diselenggarakan Sido Muncul di Universtias Mataram, Lombok, Sabtu (5/10/2019).

Selain minyak Sumbawa, daun kelor juga menjadi produk herbal unggulan yang dimiliki Lombok.

"Daun kelor disini, bukan hanya dikembangkan menjadi obat herbal yang bermanfaat. Tetapi diolah menjadi olahan kuliner, seperti sayur, dan minuman kemasan," ujar Hamsu.

Ia menjelaskan, banyak sekali manfaat yang dihasiilkan daun kelor ini, seperti dapat menjadi antioksidan dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mingkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Produk unggulan herbal Lombok ini sempat saya temui di Sulawesi, Jawa, dan Kalimantan. Hal ini membuktikan produk herbal asal Lombok ini sudah dikenal masyarakat," kata Hamsu.

Dari kegiatan seminar pemanfaatan obat herbal ini Hamsu Kadryan berharap produk lokal asal Nusa Tenggara Barat dapat diproduksi Sido Muncul sehingga bisa menambah obat herbal yang ada di Indonesia.

Foto: Hamsu Kadryan, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. pada acara seminar pemanfaatan obat herbal yang diselenggarakan Sido Muncul di Universitas Mataram. Sabtu (5/10/2019)

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas