Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Lima Kota di Indonesia Timur Ini Jadi Sasaran Literasi Berasuransi

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2016 menunjukkan, indeks literasi asuransi turun menjadi 15,8% dibandingkan 2013 yang mencapai 17,84 persen

Lima Kota di Indonesia Timur Ini Jadi Sasaran Literasi Berasuransi
HANDOUT
Kegiatan literasi berasuransi untuk siswa sekolah menengah tingkat atas di Kota Gorontalo. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kesadaran masyarakat Indonesia dalam berasuransi saat ini masih dinilai lemah. Hal ini dipicu oleh masih rendahnya tingkat literasi masyarakat tentang manfaat berasuransi, terutama masyarakat yang tinggal di daerah.

Karenanya edukasi tentang pemahaman perlunya berasuransi ke masyarakat perlu terus dilakukan oleh pelaku industri asuransi.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2016 menunjukkan, indeks literasi asuransi turun menjadi 15,8% dibandingkan tahun 2013 yang mencapai 17,84 persen.

Sementara, tingkat utilitas tahun 2016 mencapai 12,08 persen, naik dari hasil survei tahun 2013 di angka 11,81 persen.

Berdasarkan data tersebut, artinya, dari 100 orang Indonesia hanya 15-16 orang yang mengenal lembaga keuangan asuransi. Sementara hanya ada 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi.

Mengacu pada data rendahnya angka literasi masyarakat dalam berasuransi, perusahaan asuransi pelat merah PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) menyelenggarakan safari kegiatan Literasi Asuransi di lima kota di Indonesia Timur, meliputi Mataram, Ternate, Tarakan, Gorontalo dan Kupang.

Baca: Fadli Zon Disebut-sebut Masuk Bursa Calon Menteri di Kabinet Jokowi, Segini Daftar Kekayaannya

Sekretaris Perusahaan PT Askrindo (Persero), Denny S. Adji mengatakan, sebagai perusahaan BUMN, pihaknya berkewajiban mensosialisasikan apa itu asuransi dan pentingnya berasuransi ke masyarakat luas.

Baca: Jokowi Dilantik 20 Oktober, Tapi Susunan Kabinet Jokowi-Maruf Sudah Bocor, Begini Reaksi Istana

"Dalam rangka hari asuransi tahun ini, kami menyelenggarakan program literasi asuransi di daerah yang relatif angka literasi asuransinya masih sangat rendah di Kota, Mataram, Ternate, Tarakan, Gorontalo dan Kupang," ujarnya di Jakarta, Jumat (18/10/2019). 

Baca: Keluarga Janda di Sragen Hajatan Nikahkan Anaknya, Tak Ada Tetangga yang Datang Hanya Gara-gara Ini

Kegiatan ini sosialisasi asuransi ini menyasar siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan dan diikuti total 535 orang siswa dengan rata-rata jumlah peserta di setiap daerah mencapai 107 siswa.

Materi yang diberikan di kegiatan literasi antara lain hak-hal mendasar mengapa perlu adanya asuransi dan pentingnya berasuransi, yaitu hubungan antara risiko dan asuransi. Selain itu, dijelaskan juga jenis-jenis asuransi dan manfaatnya.

Baca: Penuturan Blak-blakan Widy Vierra Jadi Korban Kekerasan Pacar dan Pengalaman Diculik

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas