Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bisnis Ecommerce

Tokowahab.com, Solusi UMKM Bakery dan Pastry Dapat Bahan Baku Unggulan

Kerap kali, sesuatu yang besar bermula dari hal sederhana. Adagium ini tampaknya layak disematkan kepada Tokowahab.com, perusahaan pelopor e-commerce

Tokowahab.com, Solusi UMKM Bakery dan Pastry Dapat Bahan Baku Unggulan
Tokowahab.com
William Sunito, Founder & Chief Executive Officer (CEO) Tokowahab.com 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kerap kali, sesuatu yang besar bermula dari hal sederhana. Adagium ini tampaknya layak disematkan kepada Tokowahab.com, perusahaan pelopor e-commerce B2B di Indonesia yang bergerak di bidang food service supply terlengkap—khususnya bakery dan pastry—dan termurah bagi penggiat UMKM.

Awalnya, Tokowahab.com adalah toko kelontong sederhana yang terletak di Jalan Gunung Sahari 1 nomor 1, Jakarta Pusat sejak 1989, dikelola oleh Wihadi Sunito dibantu oleh istrinya, Lestari. Mengikuti perkembangan digitalisasi yang pesat, Toko Wahab bertransformasi menjadi Tokowahab.com pada 2017, dikelola oleh tim manajemen Tokowahab.com dan dinahkodai oleh William Sunito, putra bungsu dari Wihadi Sunito dan Lestari.

Itu artinya, 30 tahun sudah Toko Wahab berkiprah melayani para pebisnis Food and Beverages (F&B) sebagai distributor dan supplier bahan baku bakery dan pastry di Indonesia.

Lebih dari sekadar jualan produk

Tokowahab.com paham betul, marketplace yang menyediakan bahan baku untuk penggiat UMKM masih sangat minim. Oleh karena itu, lewat tangan dingin William, ia ingin menjadikan Tokowahab.com sebagai end to end solution bagi UMKM, dengan menjembatani UMKM dengan terhadap produk-produk berkualitas dari brand owner, manufacturer, dan distributor terkemuka.

“Jadi, Tokowahab.com itu adalah B2B marketplace, platform yang mempertemukan manufacturer maupun brand owner ke UMKM. Karena kebetulan, kedua belah pihak ini problem masing-masing. Brand dan manufacturer ingin reach out ke UMKM, begitu pun UMKM juga ingin mendapat bahan baku dengan harga terbaik dari mereka,” ungkap William ketika ditemui Tribunnews pada Rabu (27/11/2019).

Lebih lanjut, Wiliam mengatakan, “Kami merasa banyak offline store bahan baku yang targetingnya ke perusahaan yang sudah mass production atau franchise, tidak ada seperti kami yang benar-benar spesifik targentya untuk UMKM. Nah, untuk itulah kita mencoba jadi jembatan bagi UMKM kepada para brand, manufacturer, dan distributor besar tersebut."

Baca: Jamkrindo Raih Dua Penghargaan di Ajang Temu Karya Mutu

Tak hanya mempertemukan UMKM dengan bahan-bahan baku berkualitas dari official brand store seperti Anchor, Wysman, Prochiz, dan Colatta, Tokowahab.com juga berkomitmen untuk meningkatkan kualitas para UMKM melalui kegiatan sharing dan edukasi.

Untuk itu, Tokowahab.com memiliki Wahab Baking Center sebagai pusat edukasi para UMKM. Tokowahab.com kerap mengundang para UMKM dan bekerja sama dengan brand untuk mengundang para chef dan baker profesional untuk memberikan pengajaran kepada UMKM. Misalnya, kelas baking, membuat menu-menu baru, dan menjelaskan kegunaan bahan baku, dan lain-lain.

Selain itu, di learning center tersebut, Tokowahab.com menjabarkan cara untuk mendapatka sertifikat BPOM dan sertifikat halal, yang prosesnya langsung dibantu oleh Tokowahab.com.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas