Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Mantan Bankir Bukopin Gantikan Posisi Achmad Zaky di Bukalapak

Posisi pendiri Bukalapak sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Achmad Zaky akan digantikan Rachmat Kaimuddin.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Mantan Bankir Bukopin Gantikan Posisi Achmad Zaky di Bukalapak
Tribunnews/
Ketua Umum Dekranasda Jawa Timur Arumi Bachsin, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Founder & CEO Bukalapak Achmad Zaky saat meresmikan kantor riset dan pengembangan Bukalapak di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/3/2019). Berdirinya Bukalapak Research & Development di Surabaya adalah bagian dari komitmen Bukalapak untuk berperan aktif dalam menciptakan ekosistem riset melalui pengembangan potensi talenta TI Indonesia. Beragam bidang yang menjadi fokus kantor Research & Development Bukalapak di Surabaya, seperti produk, engineering, data, riset, IoT, dan Kecerdasan Buatan, diharapkan dapat turut mendukung program e-government yang digiatkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (Tribunnews/HO) 

Laporan Wartawan Tribnnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Posisi pendiri Bukalapak sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Achmad Zaky akan digantikan Rachmat Kaimuddin.

Rachmat Kaimuddin yang akan menjadi CEO Bukalapak mulai 6 Januari 2020.




"Tentunya saya akan terus membawa perusahaan Bukalapak ini bertumbuh dengan cepat dan tentu pertumbuhannya harus sehat," kata Rachmat di Garden Grill Jakarta, Senin (9/12/2019).

Ia mengaku berkewajiban untuk terus mejaga eksistensi Bukalapak di masyarakat serta tren yang sudah dibangun selama 10 tahun ini.

Sebagai informasi, Rachmat memiliki latar belakang pendidikan engineering dan pengalaman manajemen finansial.

Baca: Achmad Zaky Mundur dari Jabatan CEO Bukalapak, Siapa Penggantinya?

Ia mendapatkan gelar Bachelor of Science dari Massachusetts Institute of Technology, Boston. Sementara, gelar Master of Business Administration-nya diterima dari Stanford University, California.

BERITA TERKAIT

Sebelum bergabung dengan Bukalapak, dia menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin Tbk sejak tahun 2018.

Baca: Achmad Zaky Mengundurkan Diri, Rachmat Kaimuddin Gantikan Posisi CEO Bukalapak

Sejak 2014, dia menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris untuk bank yang sama hingga ditunjuk sebagai Direktur.

Rachmat memulai karirnya sebagai Senior Associate di Boston Consulting Group. Serta pernah menjabat sebagai Managing Director PT Cardig Air Services, Chief Financial Officer PT Bosowa Corporindo, Managing Director PT Semen Bosowa Maros, Vice President Baring Private Equity Asia dan Principal of Quvat.

Dalam konferesi pers Achmad Zaky juga mengatakan, meski dirinya sudah tak menjabat sebagai CEO, ia masih tetap menjadi founder, dan akan terus mendampingi CEO yang baru dalam masa transisi kepemimpinan.

"Saya pikir Bukalapak selama 10 tahun ini sudah menjadi mandiri, dan sudah matang. Ibarat Bukalapak ini anak saya, saya sebagai orang tua sudah saatnya untuk melepas agar bisa tumbuh mandiri," ucap Achmad Zaky.

Dia menambahkan, dengan kepemimpinan CEO yang baru, Bukalapak nantinya akan menjadi semakin dewasa dewasa dan terus maju untuk kedepannya.

"Mas Rachmat ini nantinya akan membawa Bukalapak semakin kaya, dengan berbagai pengalaman yang ia miliki. Bahkan pengalamannya sudah lebih dari 20 tahun dalam menangani perusahaan publik, melebihi saya ," ujar Achmad.

Dalam penjelasannya, Achmad juga menyebutkan CEO baru Rachmat Kamiuddin memiliki standar kepemimpinan yang global, sehingga dapat membawa Bukalapak ke arah global.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas