Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Aset BUMN Tak Produktif Akan Dijadikan ''The Next'' M Bloc Space

M Bloc salah satu model bisnis yang baik dengan memanfaatkan aset milik negara untuk edukasi serta bisnis secara bersamaan,

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
zoom-in Aset BUMN Tak Produktif Akan Dijadikan ''The Next'' M Bloc Space
Instagram/ mblocspace
M Bloc Space di Jakarta Selatan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kelahiran M Bloc Space yang memanfaatkan aset terbengkalai milik BUMN PT Peruri (Persero) memantik refungsi aset negara lainnya.

Hal itu seperti diutarakan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam dalam audiensi dengan Founder M Bloc Space PT Ruang Riang Milenial (RMM) Handoko Hendroyono di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

”M Bloc salah satu model bisnis yang baik dengan memanfaatkan aset milik negara untuk edukasi serta bisnis secara bersamaan," ujar Teten.

Menurut Teten, banyak aset-aset BUMN yang bisa dikelola seperti M Bloc lewat lahan PT Peruri (Persero), misalnya seperti aset milik Kereta Api dan PT Pos yang bisa digunakan secara optimal.

“Memanfaatkan aset-aset negara di perusahaan pelat merah yang tak terpakai dengan konsep tanah terbuka, gedung-gedung lama menjadi marketplace akan menggerakkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

“Itu jadi bagian kerja sama kami dengan Kementerian BUMN memanfaatkan aset BUMN yang tak produktif untuk marketplace UMKM berbasis komunitas. Karena market kita sangat besar," ujar Teten lagi.

Melalui marketplace, diharapkan UMKM bakal menaikkan levelnya.

BERITA REKOMENDASI

"Kami mendorong produk UMKM go global, bagaimana branding produk kopi misalnya, menjadi kopi yang bersaing di kelas dunia, lewat marketplace," ucapnya.

Gayung bersambut, Founder M Bloc Space PT Ruang Riang Milenial (RMM) Handoko Hendroyono memiliki tekad mengembangkan yang seperti M Bloc di kota-kota lain seperti Bandung maupun Surabaya.

"Jadi tak hanya membangun brand produknya saja tapi juga komunitas. Bukan cuma M Bloc saja, tapi pihak lain pun silahkan. Karena M Bloc diharapkan menjadi salah satu role model yang sudah ada. Dan bisa diikuti oleh beberapa pihak serta lokasi yang lain," imbuh Handoko.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas