Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Subsidi Gas Elpiji 3 Kg Tertutup, YLKI Minta Evaluasi Data Rumah Tangga Miskin

Tulus juga menyoroti kemungkinan subsidi gas elpiji 3 kg untuk rumah tangga miskin akan diberikan secara cash.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Subsidi Gas Elpiji 3 Kg Tertutup, YLKI Minta Evaluasi Data Rumah Tangga Miskin
Yanuar Riezqi Yovanda
Ketua Harian YLKI Tulus Abadi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah berencana menyalurkan gas elpiji 3 kilogram dengan skema tertutup pada pertengahan tahun ini.

Dengan skema tersebut, penerima gas subsidi menjadi tepat sasaran yaitu untuk masyarakat kurang mampu.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi mengaku bisa memahami kebijakan pemerintah untuk menjadikan distribusi gas elpiji 3 Kg bersifat tertutup.

Namun, dia meminta agar pendataan penerima subsidi dilakukan secara baik agar tepat sasaran.

"YLKI khawatir masih ada salah pendataan, atau praktik patgulipat, sehingga berpotensi terjadi penyimpangan," kata Tulus Abadi dalam keterangan yang diterima Jumat (17/1/2020).

Baca: YLKI Baru Terima Satu Aduan Kasus Jiwasraya

Baca: Mensos Tunggu Arahan Jokowi soal Skema Penyaluran Subsidi elpiji 3 Kg

"Misalnya rumah tangga tidak miskin, tapi dekat dengan Ketua RT/RW, akhirnya mendapat subsidi. Dan sebaliknya, rumah tangga miskin yang tidak dekat dengan Ketua RT/RW, malah tidak mendapatkan subsidi," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Tulus juga menyoroti kemungkinan subsidi gas elpiji 3 kg untuk rumah tangga miskin akan diberikan secara cash, sementara harga elpiji di pasaran akan dinaikkan sesuai harga pasar yakni sekitar Rp 35.000 per tabung.

Plt Wali Kota Bandung, M Solihin dan rombongan meninjau proses pengisian gas 3 kg di Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) PT Pertamina Terminal BBM Ujungberung, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (7/6/2018). Kunjungan lapangan tersebut untuk memastikan ketersediaan gas elpiji 3 kg agar tidak terjadi kelangkaan pada saat menjelang dan sesudah Lebaran. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
Plt Wali Kota Bandung, M Solihin dan rombongan meninjau proses pengisian gas 3 kg di Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) PT Pertamina Terminal BBM Ujungberung, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (7/6/2018). Kunjungan lapangan tersebut untuk memastikan ketersediaan gas elpiji 3 kg agar tidak terjadi kelangkaan pada saat menjelang dan sesudah Lebaran. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) (RIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

"Jika disubsidi diberikan secara cash, pemerintah harus menjamin dana tersebut tidak digunakan untuk sesuatu yang tidak berguna, misalnya untuk membeli rokok," ujarnya.

Menurutnya, pemberian subsidi secara cash bisa diintegrasikan dengan subsidi di sektor lainnya, sehingga akan terdeteksi secara transparan dan akuntabel.

"Misalnya seberapa banyak rumah tangga miskin dimaksud menerima subsidi dari negara; baik subsidi kesehatan, pendidikan, energi, pangan, dan lainnya," ucapnya.

Selain itu, pemerintah diminta mengawasi distribusi gas elpiji 3 kg dan jaminan HET (Harga Eceran Tertinggi) yang wajar.

"Jangan sampai harganya melambung karena ada pembiaran pelanggaran HET. Jika hal ini terjadi akan mengganggu daya beli masyarakat dan memicu inflasi secara signifikan," kata Tulus.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas