Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Imlek 2020

Bisnis Otomotif Bisa Jatuh di Tahun Tikus Logam

Di tahun Tikus Logam justru bisnis otomotif harus waspada karena berpotensi jatuh

Bisnis Otomotif Bisa Jatuh di Tahun Tikus Logam
Freepik
4 Keutamaan Perayaan Tahun Baru Imlek: Dekorasi Merah-Emas, Bagi-bagi Angpao serta Kumpul Keluarga 

Laporan wartawan Tribunnews.com Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memasuki Tahun Baru Imlek 2571 di tahun 2020 ini, Suhu Yo, seorang ahli Feng Shui, memprediksi kondisi perekonomian di Indonesia. Suhu Yo memprediksi bisnis otomotif akan lesu di tahun tikus logam.

Menurut Suhu Yo pada tahun tikus logam banyak usaha yang jatuh dan bangkrut. Terkait jenis usaha yang akan mengalami kebangkrutan pada tahun ini, Suhu Yo mengatakan justru usaha yang berunsur logam yang akan mengalami kejatuhan. Dia mencontohkan usaha yang akan jatuh adalah usaha di bidang kendaraan bermotor.

"Memang banyak yang beralih ke kendaraan listrik. Banyak produk-produk kendaraan yang sekarang mulai beralih ke listrik. Imbasnya, kendaraan yang berbahan bakar minyak akan jatuh," ujar Suhu Yo kepada Tribun Network, Jumat (24/1/2020).

"Kendaraan solar tidak akan jatuh, tapi yang bensin akan jatuh, terutama yang CC besar," imbuh dia.

Hyundai Ioniq di dealer Hyundai Simprug, Jakarta Selatan. Mobil listrik ini dalam waktu dekat segera dipasarkan untuk konsumen di Indonesia.
Hyundai Ioniq di dealer Hyundai Simprug, Jakarta Selatan. Mobil listrik ini dalam waktu dekat segera dipasarkan untuk konsumen di Indonesia. (TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN)

Suhu Yo memprediksi pengusaha yang menggeluti bidang otomotif akan mengalami kejatuhan atau kebangkrutan. Menurut dia peralihan dari BBM ke listrik atau dari bensin ke solar menjadi penyebabnya.

"Ini masa peralihan, memang sudah harus ganti. Itu penyebab bisnis yang berhubungan dengan logam akan mengalami kejatuhan besar," kata Suhu Yo.

Bagaimana para pelaku usaha di bidang otomotif dapat bertahan di tahun tikus logam? Suhu Yo mengimbau mereka untuk tidak beralih ke kendaraan berkapasitas mesin kecil seperti city car atau bahkan kendaraan diesel.

"Cari yang city car supaya laris. Ikuti perkembangan," ujar dia.

Aktivitas packaging alpukat di gudang TaniHub. Produk-produk pertanian yang diserap TaniHub seperti buah dan sayuran banyak diserap oleh modern channel, horeka dan modern store.
Aktivitas packaging alpukat di gudang TaniHub. Produk-produk pertanian yang diserap TaniHub seperti buah dan sayuran banyak diserap oleh modern channel, horeka dan modern store. (TANI GROUP/BHISMA ADINAYA)

Terlepas dari kejatuhan dan kebangkrutan, Suhu Yo mengatakan usaha yang meraih cuan atau keuntungan besar di tahun tikus logam adalah di bidang consumer goods. Produk-produk hasil bumi dan pertanian juga masih laku.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Deodatus Pradipto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas