Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pemerintah Akan Ekspor 480 Ton Bumbu Rendang untuk Jemaah Haji

Sebanyak 480 ton bumbu rendang tersebut akan diekspor untuk memenuhi kebutuhan makan para jemaah haji asal Indonesia di tanah suci.

Pemerintah Akan Ekspor 480 Ton Bumbu Rendang untuk Jemaah Haji
Reynas Abdila
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dengan Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz usai penandatanganan ekspor bumbu rendang bagi jemaah haji Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki turut menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Koperasi Iko Sero dengan Al Bait Maamour For Umra Service (Arab Saudi) terkait ekspor bumbu masak rendang.

Sebanyak 480 ton bumbu rendang tersebut akan diekspor untuk memenuhi kebutuhan makan para jemaah haji asal Indonesia di tanah suci.

“Ekspor bumbu rendang ini saya kira sebagai pembuka. Ke depan saya berharap akan banyak bumbu makanan Indonesia yang potensi diekspor seperti gudeg, rawon, dan lainnya,” kata Teten di ruang kerja menteri, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Baca: Kemendagri Terima Masukan Untuk Perbaiki Sistem RUU Pemilu dan Reformasi Parpol

Baca: Jelang UN, MA Zainul Hasan Probolinggo Gelar Training Motivasi untuk Santri

Menurutnya, bumbu rendang asal Payakumbuh Sumatera Barat merupakan momen bersejarah yang diekspor oleh koperasi Indonesia.

“Selanjutnya saya akan melakukan konsolidasi dengan Kementerian Perdagangan, negara-negara yang memiliki tenaga kerja Indonesia yang banyak jumlahnya seperti Malaysia dan Hong Kong juga bisa menjadi sasaran market,” ucap Teten menambahkan.

Sementara Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz menyampaikan bumbu rendang dibutuhkan bagi 120 ribu jemaah dengan tiga kali makan sehari seama 40 hari sedangkan untuk daging disiapkan dari pihak Arab Saudi.

Berikut kumpulan resep rendang sapi dan bumbu yang praktis, hanya 1 jam sudah bisa disantap bareng keluarga! (Sajiansedap.grid.id)
Rendang (Sajiansedap.grid.id) (Sajiansedap.grid.id)

Bumbu rendang Payakumbuh diracik dan dikemas menggunakan sentuhan teknologi modern yang bisa tahan hingga satu tahun tanpa bahan pengawet.

“Untik ekspor ini melibatkan 43 UKM yang tergabung dalam Koperasi Iko Sero,” urai Erwin.

Agar Koperasi dan UKM berkembang pesat, Pemerintah Daerah Payakumbuh berjanji membuat fasilitas UKM dengan skala industri dan biaya APBD.

“Itu supaya kita bisa memasok permintaan yang lebih besar. Targetnya fasilitas baru tersebut Koperasi Iko Sero mampu memprduksi 10 ton bumbu rendang per hari,” tuturnya.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas