Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pemerintah Bantu Bayar Bunga Kredit, Berikut Besarannya

Relaksasi penundaan pembayaran cicilan pokok itu diberlakukan kepada UMKM selama enam bulan

Pemerintah Bantu Bayar Bunga Kredit, Berikut Besarannya
Facebook Menkeu Sri Mulyani
Menteri Keuangan kerja dari rumah di tengah merebaknya wabah corona 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menytakan pemerintah memutuskan memberikan subsidi bunga kredit, sebesar dua hingga enam persen, selama enam bulan kepada nasabah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan juga nasabah ultramikro, yang terdampak wabah Covid-19.

Hal ini diungkapkan Sri Mulyani dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Rabu (29/4/2020).

Ia menjelaskan, untuk nasabah kredit mikro atau kredit kecil, besaran pinjaman di bawah Rp 500 juta, memperoleh subsidi bunga kredit sebesar enam persen di tiga bulan pertama sejak April 2020.

Selanjutnya subsidi bunga kredit tiga persen untuk tiga bulan berikutnya.

Jumlah debitur plafon pinjaman hingga Rp 500 juta ini mencapai 28,3 juta debitur.

“Para peminjam mikro, kecil, yang kreditnya di bawah Rp 500 juta, mereka pinjam di BPR, atau perbankan, atau pembiayaan di bawah Rp 500 juta ini setara dengan Kredit Usaha Rakyat dapat fasilitas tiga bulan pertama bunganya dibayarkan pemerintah sebesar enam persen dan tiga bulan selanjutnya, bunga ditanggung pemerintah tiga persen,” ujar Sri Mulyani seusai rapat terbatas dipimpin Presiden Joko Widodo dari Istana Merdeka, Jakarta.

Selanjutnya, untuk nasabah total pinjaman Rp 500 juta hingga Rp 10 miliar, pemerintah akan membayarkan bunga kredit untuk tiga bulan pertama sebesar tiga persen dan subsidi bunga kredit sebesar dua persen untuk tiga bulan berikutnya.

“Bank-bank bisa memberikan restrukturisasi dengan penundaan pokok selama enam bulan, dan kemudian para debitur bisa mendapat subsidi bunga dari pemerintah.” ujarnya.

Sedangkan untuk nasabah usaha kecil, ultramikro, kredit usaha rakyat (KUR), dengan plafon pinjaman Rp 5 juta –Rp 10 juta atau di bawahnya, pemerintah memberikan subsidi bunga yang lebih besar yakni enam persen selama enam bulan.

Nasabah ultramikro dengan plafon Rp 5 juta-Rp 10 juta ini termasuk nasabah program UMi, Program Mekaaar, dan nasabah mikro di PT Pegadaian Persero.

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas