Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

Virus Corona

Momentum Menuju Kemandirian Ekonomi

Akibatnya, ekonomi secara keseluruhan colaps dan pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua tahun 2020 diperkirakan anjlok

Momentum Menuju Kemandirian Ekonomi
istimewa
Webminar Analisis Dampat Covid-19 dan Strategi Pemulihan Ekonomi Berkesinambungan 

Oleh Nasrullah Larada, S.IP., M.S *)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pandemi covid-19 yang pada awalnya hanya merupakan isu di dunia kesehatan, kini telah menghasilkan dampak ikutan yang sangat akut di bidang ekonomi. Dari mulai PHK massal, penutupan pabrik-pabrik, goncangan terhadap supply and demand hingga terjadinya penurunan daya beli (konsumsi) masyarakat.

Sektor UMKM yang pada waktu krisis ekonomi sebelumnya (misalnya tahun 1998 dan 2008) mampu bertahan dan dapat menjadi sabuk pengaman ekonomi, kini justru yang paling parah terkena dampaknya.

Akibatnya, ekonomi secara keseluruhan colaps dan pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua tahun 2020 diperkirakan anjlok secara dramatis.

Dampak ekonomi ini membawa implikasi pula terhadap kehidupan sosial, yang jika tidak terkendali berpeluang menyebabkan krisis di bidang politik. Situasi tersebut menjadi lebih mengkhawatirkan apabila pandemi ini berlangsung dalam durasi yang lama.

Meskipun demikian, dampak dari pandemi ini rupanya memiliki dua sisi, dimana ada sektor-sektor bisnis yang diuntungkan dan sektor-sektor bisnis yang dirugikan.

Baca: Jawaban Soal SMP TVRI Prosedur Penjernihan Air Menggunakan Biji Kelor, Senin, 11 Mei 2020

Baca: LIVE STREAMING TVRI Belajar dari Rumah Senin, 11 Mei 2020, Materi Karung Terdampar untuk 1-3 SD

Baca: Bamsoet: Almarhum Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso Loyal Jaga Keutuhan NKRI

Beberapa sektor yang dirugikan antara lain dunia pariwisata, transportasi, konstruksi dan perhotelan, sementara sektor yang diuntungkan antara lain bisnis retail dan makanan, farmasi dan kesehatan, serta teknologi informasi dan komunikasi.

Situasi ini membawa kehidupan manusia menuju normalitas baru (the new normal) yang meliputi cara bekerja, cara belajar hingga cara bersosialisasi. Untuk itu, meskipun hal ini menjadi tantangan besar bagi masyarakat Indonesia, namun kondisi ini harus dijadikan sebagai peluang untuk menciptakan kemandirian ekonomi secara berkelanjutan (sustainable).

Dalam hal ini Indonesia diuntungkan secara geografis yang dapat dimanfaatkan untuk membangun ketahanan pangan dalam negeri serta memiliki modal sosial yang cukup besar untuk membangun ketahanan sosial.

Demikianlah beberapa poin penting dari diskusi Webinar Ekonomi yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia /PP-KBPII (9/5/2020). Diskusi ini diselenggarakan dalam rangka memberikan kontribusi pemikiran dan gagasan di bidang ekonomi untuk mengatasi dampak dari pandemi covid-19.

Halaman
1234
Penulis: Yulis
Editor: Hendra Gunawan
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas