Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Selama Setahun, Jumlah Seller di Blibli Meningkat 90 Persen

Blibli mencatat pada April, jumlah seller Blibli meningkat 90 persen dari tahun ke tahun, didorong oleh situasi pandemi Covid-19.

Selama Setahun, Jumlah Seller di Blibli Meningkat 90 Persen
Tribunnews/JEPRIMA
Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto saat memberikan kata sambutan disela-sela acara konferensi pers HUT ke 8 Blibli.com di Hotel Santka, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (27/7/2019). Pada perayaan ulang tahunnya yang ke-8 Blibli kian berupaya untuk meningkatkan bisnis digital lewat teknologi dan pengalaman pelanggan dan terus berkomitmen untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - E-commerce Blibli mencatat pada April, jumlah seller Blibli meningkat 90 persen dari tahun ke tahun, didorong oleh situasi pandemi Covid-19.

Di sisi lain, pelanggan Blibli semakin gencar berbelanja terutama di Galeri Indonesia, kategori khusus untuk produk UMKM.

Galeri Indonesia mengalami pertumbuhan transaksi sebesar 6 kali lipat di triwulan pertama 2020 jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Baca: Blibli dan Pemprov Jateng Dorong UMKM Gunakan E-commerce

Baca: Selama di Rumah Aja, Kategori Handphone dan Laptop Melonjak Tiga Kali Lipat di Blibli

Baca: Kuartal I 2020, Produk UMKM di Galeri Indonesia Blibli Meningkat 6 Kali Lipat

CEO Blibli Kusumo Martanto mengatakan kini saat yang tepat bagi UMKM beralih ke online untuk mengikuti peralihan tren di pasar.

"Covid-19 telah memicu percepatan adopsi teknologi oleh pelaku pasar, baik pelanggan dan pengusaha. Selagi di rumah, pelanggan memilih berbelanja online dan tren ini mendorong pengusaha untuk aktif berjualan di e-commerce. Pengusaha ingin memanfaatkan kelebihan berjualan di e-commerce, yang termasuk akses luas ke pelanggan di seluruh Indonesia," tutur Kusumo, Selasa (19/5/2020).

Blibli meluncurkan inisiatif-inisiatif baru untuk mendukung para pelaku usaha salah satunya adalah #BisnisDariRumah.

Lewat inisiatif ini, Blibli menangguhkan penerapan komisi (zero commission) bagi UMKM yang berada di Galeri Indonesia dan yang menjual produk-produk terkait COVID-19.

Inisiatif ini juga memudahkan proses registrasi bagi seller baru dan mempercepat proses menggunggah barang ke platform agar UMKM bisa segera aktif berjualan online.

"UMKM juga dapat memanfaatkan layanan Fulfillment by Blibli (FBB) di tengah penerapan PSBB sebagai solusi logistik yang menyeluruh (end to end), mulai dari penyimpanan produk di warehouse hingga pengiriman oleh jasa kurir Blibli, BES," ungkap Kusumo.

Jaringan logistik Blibli saat ini sudah sangat luas dengan 20 warehouse dan 32 hub untuk melakukan pengiriman ke pelanggan dengan cepat di seluruh Indonesia.

Sementara di Jawa Tengah sendiri, Blibli mengoperasikan tiga warehouse yang terletak di Yogyakarta, Solo dan Semarang untuk mendorong UMKM berjualan di e-commerce.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Lita febriani
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas