Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Survei: Aplikasi Grab Bikin Orang Nganggur Jadi Punya Pemasukan Hingga 10 Juta Per Bulan

Survei ini menyebutkan, sebanyak 27 persen mitra merchant GrabFood menambah pegawai baru sejak bergabung dengan Grab.

Survei: Aplikasi Grab Bikin Orang Nganggur Jadi Punya Pemasukan Hingga 10 Juta Per Bulan
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Pengantaran makanan pesanan customer oleh mitra Grabfood saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (24/10/2019).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penelitian terbaru oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics menemukan bahwa Grab mendukung penciptaan lapangan kerja di luar platform.

Studi ini lebih lanjut menemukan bahwa pertumbuhan bisnis yang dirasakan merchant pada ekosistem Grab, juga membuat mereka bisa menciptakan lapangan kerja di luar platform.

"Seiring dengan tumbuhnya bisnis mitra merchant GrabFood dan agen GrabKios, mereka dapat merekrut lebih banyak pekerja dari lingkungan sekitarnya," ujar Kepala Departemen Ekonomi CSIS Yose Rizal Damuri saat webinar, Kamis (25/6/2020).

Yose menjelaskan, sebanyak 27 persen mitra merchant GrabFood menambah pegawai baru sejak bergabung dengan Grab. "Mitra merchant GrabFood rata-rata menambah dua tambahan pegawai pada tahun 2019 saja," katanya.

Baca: Survei: Grab Bikin Pekerja Informal Jadi Punya Penghasilan Tambahan

Sedangkan, 6 persen dari agen GrabKios merekrut pegawai baru sejak bergabung dengan Grab dan secara rata-rata menambah dua tambahan pegawai untuk dapat melayani permintaan konsumen yang meningkat.

Grab dinilanya menyediakan kesempatan ekonomi untuk memenuhi berbagai kebutuhan fleksibilitas bagi gig worker, juga berarti bahwa Grab dapat menyediakan kesempatan pendapatan bagi mereka yang membutuhkan.

Dari studi ini juga CSIS juga mendapati temuan bahwa 31 persen mitra pengemudi GrabBike dan 26 persen dari mitra pengemudi GrabCar tidak memiliki pendapatan sebelum bergabung dengan Grab di 2019 lalu.

"Agen GrabKios yang sebelumnya menganggur, kini bahkan dapat menghasilkan Rp 10,4 juta dari
penjualan per bulan setelah bergabung dengan Grab. Pada saat bersamaan, platform Grab mampu memberikan kestabilan pendapatan bagi gig worker yang menjadikan Grab sebagai pekerjaan utamanya," ujarnya.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas