Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Perbankan Disebut Jadi Tulang Punggung dalam Pemulihan Ekonomi

perbankan sebagai media intermediasi tentu mempunyai permasalahan yang harus diselesaikan oleh tangan pemerintah.

Editor: Sanusi
zoom-in Perbankan Disebut Jadi Tulang Punggung dalam Pemulihan Ekonomi
Runi/Man (dpr.go.id)
Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR Misbakhun menyatakan, perbankan memiliki peran besar karena menjadi tulang punggung untuk pemulihan ekonomi, mengingat semua sektor dunia usaha mengalami penurunan.

Namun, lanjutnya, perbankan sebagai media intermediasi tentu mempunyai permasalahan yang harus diselesaikan oleh tangan pemerintah.

"Mereka harus mendapat dana untuk disalurkan. Peran pemerintah menjadi sangat penting," ujarnya saat webinar, Jumat (17/7/2020).

Baca: BI: Tak Perlu Khawatir, Industri Perbankan Aman di Tengah Pandemi

Baca: BI Ingatkan Krisis Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19 Tidak Kecil

Misbakhun melanjutkan, perbankan jadi tulang punggung pemulihan ekonomi karena para debitur yang selama ini menjalankan bisnis sektor riil mulai bergerak lagi.

"Mereka dibiayai oleh sektor perbankan akan memulihkan diri dari saat ini mengalami kontraksi penjualan yang sangat besar, sangat tajam. Rata-rata kalau kita tanyakan penjualan restoran, penjualan beberapa produk itu mengalami penurunan, bahkan sektor otomotif, transportasi, dan pangan juga turun," katanya.

Baca: BI Turunkan Suku Bunga Acuan, IHSG Menguat

Menurutnya, ini tentu sangat mempengaruhi sektor perbankan karena harus melakukan restrukturisasi kredit dari para debitur.

BERITA REKOMENDASI

"Perbankan ini sebagai lembaga intermediasi tentu mempunyai permasalahan yang harus diselesaikan yaitu bagaimana melakukan restrukturisasi. Bagaimana juga mereka melakukan upaya pembayaran terhadap (biaya bunga) dana pihak ketiga yang selama ini menjadi penopang," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas