Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Perbankan Disebut Jadi Tulang Punggung dalam Pemulihan Ekonomi

perbankan sebagai media intermediasi tentu mempunyai permasalahan yang harus diselesaikan oleh tangan pemerintah.

Perbankan Disebut Jadi Tulang Punggung dalam Pemulihan Ekonomi
Runi/Man (dpr.go.id)
Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR Misbakhun menyatakan, perbankan memiliki peran besar karena menjadi tulang punggung untuk pemulihan ekonomi, mengingat semua sektor dunia usaha mengalami penurunan.

Namun, lanjutnya, perbankan sebagai media intermediasi tentu mempunyai permasalahan yang harus diselesaikan oleh tangan pemerintah.

"Mereka harus mendapat dana untuk disalurkan. Peran pemerintah menjadi sangat penting," ujarnya saat webinar, Jumat (17/7/2020).

Baca: BI: Tak Perlu Khawatir, Industri Perbankan Aman di Tengah Pandemi

Baca: BI Ingatkan Krisis Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19 Tidak Kecil

Misbakhun melanjutkan, perbankan jadi tulang punggung pemulihan ekonomi karena para debitur yang selama ini menjalankan bisnis sektor riil mulai bergerak lagi.

"Mereka dibiayai oleh sektor perbankan akan memulihkan diri dari saat ini mengalami kontraksi penjualan yang sangat besar, sangat tajam. Rata-rata kalau kita tanyakan penjualan restoran, penjualan beberapa produk itu mengalami penurunan, bahkan sektor otomotif, transportasi, dan pangan juga turun," katanya.

Baca: BI Turunkan Suku Bunga Acuan, IHSG Menguat

Menurutnya, ini tentu sangat mempengaruhi sektor perbankan karena harus melakukan restrukturisasi kredit dari para debitur.

"Perbankan ini sebagai lembaga intermediasi tentu mempunyai permasalahan yang harus diselesaikan yaitu bagaimana melakukan restrukturisasi. Bagaimana juga mereka melakukan upaya pembayaran terhadap (biaya bunga) dana pihak ketiga yang selama ini menjadi penopang," pungkasnya.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas