Tribun Bisnis

Implementasikan Digitalisasi, ASDP Terapkan Sistem Pembelian Tiket Online di 4 Pelabuhan Utama

Shelvy juga mengatakan, untuk kelancaran, keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan, ada beberapa hal

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
Implementasikan Digitalisasi, ASDP Terapkan Sistem Pembelian Tiket Online di 4 Pelabuhan Utama
POS KUPANG.COM/GECIO VIONA
Kapal feri saat berlabuh di Pelabuhan ASDP Bolok Kupang - POS KUPANG.COM/GECIO VIONA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai implementasi digital, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menerapkan sistem pembelian tiket secara online di empat pelabuhan utama Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan, pembelian tiket penyebrangan dilakukan melalui online via website www.ferizy.com atau melalui aplikasi pada smartphone.

"Pembelian tiket secara online ini mempermudah penumpang kapal, karena tidak perlu mengantre lagi di pelabuhan," ucap Shelvy dalam keterangannya, Minggu (23/8/2020).

Baca: Dirut ASDP: Protokol Kesehatan Hal Wajib untuk Penumpang dan Awak Pelabuhan

Menurutnya, penumpang akan mendapatkan boarding pas berupa barcode dan nantinya hanya perlu melakukan scan untuk naik kapal penyebrangan.

"Di tengah wabah Covid-19 ini, pengguna jasa harus senantiasa menjaga jarak aman sehingga membeli tiket secara online akan mengurangi interaksi dengan petugas loket," ucap Shelvy.

Shelvy juga mengatakan, untuk kelancaran, keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengguna jasa.

Baca: Libur Panjang Idul Adha, ASDP Memprediksi Pengguna Jasa Naik 30 Persen

"Pertama, pengguna jasa yang telah membeli tiket harus tiba di pelabuhan lebih awal, yakni melakukan check-in dan cetak boarding pass paling lambat dua jam sebelum keberangkatan," ujar Shelvy.

Kemudian lanjut Shelvy, bagi pengguna jasa yang tiba di pelabuhan melebihi waktu keberangkatan maka tiket akan hangus.

"Selain itu jika ada kendala yang dihadapi yang dapat menyebabkan keterlambatan, dapat melakukan reschedule tiket paling lambat 2 jam sebelum jadwal keberangkatan," kata Shelvy.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas