Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menkominfo Dorong Penggunaan Produk Lokal dengan Bazaar Online

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Komimfo) mendorong penggunaan dan pemanfaatan produk-produk buatan lokal.

Menkominfo Dorong Penggunaan Produk Lokal dengan Bazaar Online
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
BELAJAR PROSES MEMBATIK - Sejumlah ibu-ibu PKK RT 02/RW 04 Kelurahan Mangunsari, Gunungpati, Kota Semarang antusias mengikuti proses belajar membatik di Rumah Batik IDENTIX Mangunsari Kota Semarang bersama R. Bambang Sumardiono dari Yogyakarta, Sabtu (22/08/20). Diharapkan kegiatan ini bisa mengajak ibu-ibu di Mangunsari lebih mencintai batik dan bisa bergerak bersama untuk menumbukkan UMKM di Kota Semarang dan Jawa Tengah. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Komimfo) mendorong penggunaan dan pemanfaatan produk-produk buatan lokal.

Untuk mengakselerasi hal tersebut, Kominfo menggelar Seminar dan Bazaar online dengan tema UMKM Kreatif Menghadapi Peluang di Era Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kamis (3/9/2020).

"Melalui acara ini saya berharap masyarakat dapat terinspirasi untuk terus mendukung usaha Mikro, Kecil dan Menengah, termasuk para pengrajin dan seniman Indonesia," tutur Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate saat acara.

Baca: Ada Covid-19, Mendag Dorong UMKM Manfaatkan Niaga Elektronik

Merilis data Kementerian Koperasi dan UMKM, terdapat 64 juta lebih UMKM di Indonesia yang memberikan kontribusi lebih dari 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Namun dalam masa pandemi Covid-19 ini UMKM dipastikan menghadapi tantangan, serta harus melakukan berbagai langkah adaptasi dan penyesuaian, termasuk tentunya mengalihkan kegiatan usahanya dan ekonominya atau bermigrasi dari UMKM konvensional menjadi UMKM digital.

"Hingga saat ini dari data yang disampaikan kepada saya, migrasi UMKM konvensional ke digital sudah sebesar 9,4 juta UMKM. Untuk memacu jalannya roda perekonomian Indonesia di bawah leadership Presiden, pemerintah terus berusaha untuk mendorong pertumbuhan UMKM, agar mampu menghadapi tantangan di saat pandemi Covid-19 ini," ungkap Menkominfo.

Cara untuk mendorong UMKM bertahan di tengah pandemi ialah melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang sering disingkat dengan Gernas BBI.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia menjadi titik penting kebangkitan UMKM Indonesia dengan mendorong untuk ikut serta dalam arus besar transformasi digital Indonesia, transformasi UMKM untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru.

"Melalui berbagai paket stimulus dan fasilitasi yang diberikan kepada UMKM Indonesia sejalan dengan agenda besar Presiden untuk melakukan akselerasi transformasi digital," terang Johnny.

Selain itu, Gernas BBI juga hadir untuk meningkatkan kesadaran konsumen Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital serta mendorong masyarakat membeli, menggunakan dan memanfaatkan produk hasil karya UMKM Indonesia.

"Saya menggaris bawahi agar e-commerce, marketplace kita yang mendapat stimulus fiskal harus digunakan dan didorong untuk kepentingan UMKM nasional dan jangan sampai platform digital penyelenggara sistem elektronik kita digunakan oleh produk-produk UMKM bangsa-bangsa lain," kata Menkominfo.

Pemerintah sendiri menghadirkan stimulus fiskal dengan anggaran program pemulihan ekonomi nasional sebesar Rp 695 triliun lebih dan sebanyak Rp 123,47 triliun dialokasikan untuk stimulus UMKM.

Ikuti kami di
Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas