Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tol Cimanggis- Cibitung untuk Dukung Jalur Logistik ke Kawasan Industri

Ruas tol Cimanggis - Cibitung merupakan akses yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Tol Cimanggis- Cibitung untuk Dukung Jalur Logistik ke Kawasan Industri
Biro Pers Setpres/Biro Pers Setpres
ILUSTRASI - Gerbal jalan tol Dumai-Pekanbaru. (TRIBUNNEWS/Biro Pers Setpres) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan pembangunan Jalan Tol Cimanggis - Cibitung sepanjang 26,18 Km untuk mendukung jalur logistik ke kawasan industri.

Ruas tol Cimanggis - Cibitung merupakan akses darat yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Setelah pembangunan 6 rua

s jalan tol yang terintegrasi di dalam akses Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 rampung, harapannya dapat menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan di jalan tol JORR 1 yang sudah terbangun.

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways secara keseluruhan memiliki total panjang 26,18 Km dan merupakan bagian dari salah satu akses tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Baca juga: Proyek Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi Senilai Rp 19,35 Triliun Ditawarkan Lewat Skema KPBU

Jalan Tol ini terdiri dari 2 seksi, yaitu Seksi 1a ruas Junction Cimanggis - On/Off Ramp Jatikarya / Transyogi (3,17 Km).

BERITA REKOMENDASI

"Seksi 1a ini progresnya pembangunannya telah mencapai 99 persen dan telah dilakukan perbaikan- perbaikan setelah dilakukan uji coba Uji Laik Fungsi (ULF) yang dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: Tol Manado-Bitung Akan Menjadi Jalan Tol Terpanjang di Sulawesi

"Sedangkan untuk Seksi 2 ruas On/Off Ramp Jatikarya - Junction Cibitung (23,01 Km) yang saat ini progres konstruksinya telah mencapai 73,2 persen ditargetkan konstruksinya selesai pada Maret 2021 mendatang," tambahnya.

Dukungan jalan Tol ini dapat memperlancar lalu lintas atau memangkas waktu perjalanan, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada aglomerasi megapolitan Jakarta.

Ruas jalan tol Cimanggis - Cibitung dibangun dua arah dan masing-masing arah terdiri dari 3 lajur dengan menggunakan jenis perkerasan beton (rigid pavement).

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung merupakan bagian dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II), yang terdiri dari Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran (14,2 Km), Jalan Tol Kunciran - Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong - Cinere (10,1 Km).

Kemudian dilanjutkan Jalan Tol Cinere - Jagorawi (14,6 Km), Jalan Tol Cimanggis - Cibitung (25,2 Km), dan Jalan Tol Cibitung - Cilincing (34 Km).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas