Tribun Bisnis

Manjakan Mobil Listrik, PLN Tambah Empat Stasiun Pengisi Daya di Tol Trans Jawa

PLN (Persero) berkolaborasi dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk menghadirkan empat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Manjakan Mobil Listrik, PLN Tambah Empat Stasiun Pengisi Daya di Tol Trans Jawa
Tribunnews/Jeprima
Petugas mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Pertamina di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (17/12/2020). Gerai SPKLU ini merupakan bentuk komitmen PT Pertamina (Persero) untuk mendorong tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik dan mendukung penggunaan energi bersih serta energi terbarukan di Indonesia. SPKLU tersebut merupakan Stasiun Pengisian Daya Fast Charging 50 kW yang mendukung pengisian daya dari berbagai tipe gun mobil listrik di Indonesia. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk menghadirkan empat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di jalan tol Trans Jawa ruas Surabaya-Jakarta.

Keempat stasiun pengisi daya yang diresmikan antara lain, SPKLU Rest Area Km 207 A Palikanci, SPKLU Rest Area 379 Batang, dan SPKLU Rest Area Km 519 A/B Sragen.

Hal ini juga dalam rangka menyiapkan sarana pendukung untuk pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai.

"Fasilitas SPKLU di empat titik ini disediakan PLN untuk memberikan rasa nyaman kepada para pengguna mobil listrik dan untuk mengakomodir kebutuhan pengisan baterai pada saat bepergian dari Jakarta ke Surabaya," ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril dalam keterangan, Jumat (25/12/2020).

Baca juga: LOGIN stimulus.pln.co.id, Cara Dapatkan Listrik Gratis PLN di Bulan Desember 2020

Baca juga: PLN Raih Penghargaan Pendidikan Vokasi dari Kemendikbud

Bob menambahkan peresmian SPKLU ini menjadi bagian dari komitmen PLN untuk mendukung implementasi Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

"PLN ingin memberikan kenyamanan warga pengguna Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan melalui pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum," imbuhnya.

Program KBLBB tersebut bertujuan untuk meningkatkan Ketahanan Energi Nasional dengan mengurangi ketergantungan impor BBM.

Hingga tahun 2025 mendatang, PLN berencana membangun 2.400 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Keterbatasan jarak tempuh dan minimnya infrastruktur pengisian listrik, selalu menjadi kendala penggunaan mobil listrik saat ini, sehingga kebanyakan mobil listrik hanya dipakai di dalam kota saja.

Dengan adanya empat SPKLU baru di jalan tol Trans Jawa, diharapkan akan lebih memudahkan orang berpergian dengan jarak yang jauh menggunakan mobil listrik.

  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas