Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jalan Akses 8,2 Km Sudah Beroperasi, Jakarta-Pelabuhan Patimban Hanya Butuh Waktu 3 Jam

"Waktu tempuh ini, lebih singkat dan memudahkan para perusahaan industri untuk melakukan pengiriman barang baik ekspor maupun impor,"

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Jalan Akses 8,2 Km Sudah Beroperasi, Jakarta-Pelabuhan Patimban Hanya Butuh Waktu 3 Jam
Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Kris
Presiden Joko Widodo melakukan peluncuran awal (soft launching) sekaligus meresmikan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (20/12/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Purnomo mengungkapkan, jalan akses menuju Pelabuhan Patimban sepanjang 8,2 kilometer sudah dapat beroperasi.

Menurutnya, jalan yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjadikan akses menuju Pelabuhan Patimban semakin mudah dan lancar.

"Jalan sepanjang 8,2 kilometer ini sudah siap, dan aksesibilitasnya dari exit toll Dawuan Pantai Utara Jawa atau Pantura," kata Agus dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/1/2021).

Baca juga: Pemerintah Sampaikan Keunggulan Pelabuhan Patimban Ke Pelaku Usaha

Dengan adanya akses jalan ini, lanjut Agus, perjalanan dari Jakarta dan Bandung menuju Pelabuhan Patimban dapat ditempuh dalam waktu sekitar dua sampai tiga jam.

"Waktu tempuh ini, lebih singkat dan memudahkan para perusahaan industri untuk melakukan pengiriman barang baik ekspor maupun impor," ucap Agus.

Selain itu ia juga mengungkapkan, waktu tempuh dan akses yang lebih cepat ini dapat menghemat biaya logistik dan meningkatkan jumlah pengiriman barang.

Baca juga: Pelabuhan Patimban Dinilai Mampu Membuat Pengiriman Produk Otomotif Lebih Efisien

BERITA REKOMENDASI

Sebagai informasi, jalan akses Pelabuhan Internasional Patimban dibangun dengan tiga jenis struktur, sebagian besar adalah elevated atau jalan layang di atas persawahan dengan tanah lunak.

Ketiga tipe struktur tersebut adalah pile slab sepanjang 5,9 kilometer, flyover sepanjang 1,6 kilometer dan flexible pavement sepanjang 0,7 kilometer.

Kemudian pembangunan jalan akses Pelabuhan Patimban ini dilaksanakan dengan pola Kerja Sama Operasi (KSO) antara Shimizu Corporation dengan PT PP (Persero) Tbk dan PT Bangun Cipta Kontraktor di bawah tanggung jawab Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas