Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kala Zulkifli Zaini Bercerita Kisah Penunjukkannya Jadi Direktur Utama PLN

Satu hal yang selalu dipegang Zulkifli adalah bekerja melebihi target dari yang diberikan atasan atau manajemen

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Kala Zulkifli Zaini Bercerita Kisah Penunjukkannya Jadi Direktur Utama PLN
Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Direktur Utama PT PLN Zulkifli Zaini 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Zulkifli Zaini menceritakan sedikit kisahnya saat diberi mandat untuk menjabat perusahaan bumn itu.

Zulkifli menceritakan penunjukkan dirinya menjadi orang nomor satu di perusahaan listrik itu bukan semata-mata karena keberhasilannya menekuni karier bisnis.

Selama meniti karier di perusahaan, dia memiliki kemauan keras untuk terus belajar dan tak pernah malu belajar dari kegagalan.

Satu hal yang selalu dipegang Zulkifli adalah bekerja melebihi target dari yang diberikan atasan atau manajemen.

Ia selalu berkomitmen agar bisa bekerja melampaui dari harapan perusahaan.

"Saya katakan dengan jawaban sangat simpel, pegangan saya adalah saya selalu bekerja melebihi harapan pemberi tugas. Itu yang selalu saya pegang sampai saat ini," ujar Dirut PLN dalam acara Indonesia Young Business Leaders, Kamis (18/2/2021).

Baca juga: Klaim Token Listrik Gratis dari PLN Februari 2021 Segera Akses stimulus.pln.co.id Atau via Aplikasi

BERITA TERKAIT

Pria berusia 65 mencontohkan, jika atasannya memberi tugas untuk diselesaikan dalam tempo 2 minggu, sebisa mungkin dia berusaha menyelesaikannya lebih cepat dari target.

Akan tetapi, usahanya tersebut tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan tugas itu.

"Selalu berusaha menyelesaikan lebih cepat dari target. Karena semakin cepat menyelesaikan tugas itu, kita bisa lebih produktif untuk menyelesaikan tugas lainnya yang sudah menunggu," ujarnya.

Ia juga bercerita saat pertama kali menjabat sebagai Dirut PLN. Zulkifli  mengaku, tidak pernah merencanakan sebelumnya bahwa kariernya di dunia bisnis akan membawanya untuk menjadi leader yang mengurusi bidang energi yang erat dengan kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

"Karena itu saya dengan segala kerendahan hati. Saya tidak pernah merencanakan karier sekian tahun jadi ini, sekian tahun jadi ini, tidak, saya tidak berpikir seperti itu," ujarnya.

Baca juga: Bamsoet Dukung PLN Beri Diskon Tarif Listrik Bagi Pemilik Kendaraan Listrik

"Termasuk saat ditunjuk Menteri BUMN, Erick Thohir untuk memimpin PLN. Saya sama sekali tidak terpikir bisa melalui tahapan itu, tapi ini bisa dikatakan sebuah proses yang menjadikan seseorang bisa mendapatkan kesempatan lebih dari kemampuannya," tandasnya.

Sebagai informasi, Zulkifli mengawali kariernya di dunia perbankan, menjadi staf account officer di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) pada tahun 1988.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas