Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Cerita 'Wow' Tantowi Yahya Perkenalkan Produk Indonesia di Negara-negara Pasifik

Dan memang koperasi di sini dijalankan dengan sangat baik, profesional, jadi sesungguhnya siapapun termasuk komisi IV, komisi VI DPR

Cerita 'Wow' Tantowi Yahya Perkenalkan Produk Indonesia di Negara-negara Pasifik
ISTIMEWA
Duta Besar Republik Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Pengalaman unik dan menarik Tantowi Yahya selama empat tahun mengemban tugas sebagai Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Samoa, dan Kerajaan Tonga

Ia juga bercerita saat berdialog khusus dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra, Selasa (9/3) kemarin tentang visi Presiden Jokowi. Berikut petikan wawancaranya.

Empat tahun menjadi representasi pemerintah Indonesia di Selandia Baru dan pasifik, apa pengalaman yang paling berkesan?

Wah banyak sekali pengalaman-pengalaman yang membuat saya geleng-geleng kepala, tertawa terkagum-kagum. Ini didasari oleh Presiden Jokowi yang orientasinya ekonomi.

Presiden-presiden kita sebelumnya menganggap ekonomi penting, tapi presiden pertama yang secara jelas mengatakan bahwa keberhasilan diplomasi Indonesia itu apabila perdagangan kita meningkat investasi yang masuk meningkat.

Baca juga: Dubes RI Tantowi Ingin Ubah Stigma Selandia Baru dan Negara Pasifik di Kalangan Eksportir Indonesia

Kata Pak Jokowi waktu itu perwakilan kita di luar negeri sukses kalau memenuhi itu. Perdagangan ke negara itu meningkat, investasi yang masuk meningkat. Jadi saya sebut sukses jadi sederhana sekali cara presiden mengartikulasikan diplomasi zaman now.

Saya bangga betul ketika di pasifik expo berhasil memboyong perusahaan industri strategis dan pertahanan. Hadir di offline memberikan presentasi. Itu komen orang pasifik itu, "Wow, saya kira negara terbesar di pasifik Australi ternyata Indonesia. Saya tidak menyangka Indonesia bisa bikin kereta api, pesawat terbang, tank, micro chips, satelit,". Bagi mereka Indonesia itu jual kopi, beras, coklat, kelapa sawit. Itu image mereka terhadap Indonesia termasuk Selandia Baru.

Ketika presentasi soal produk kereta api kita, mereka tercengang, wow berkali-kali. Itu pengalaman yang tidak terlupakan. Yang bisa kita dapatkan ketika kita memiliki keberanian membuat eksebisi. Kita membuat eksebisi sendiri, potensi yang kita punya kita pamerkan.

Baca juga: KKP Permudah Ekspor Produk Perikanan dari Manado ke Singapura

Orang itu menjadi tahu Indonesia negara maju. Pada suatu saat ketika negara-negara ini memiliki kemampuan dan mempunyai kebutuhan terhadap produk-produk tertentu, Indonesia akan masuk rangking atas, Karena jarak dekat, harga murah, pasti bersaing.

Kemampuan ekonomi tidak perlu ragu, negara-negara ini bohirnya banyak. Tugas kita sekarang ini menciptakan demand terhadap produk-produk tertentu. Ketika kami presentasi produk-produk perkapalan yang diproduksi oleh Indonesia kemudian produk-produk seperti rumpon dari plastik itu kan dibutuhkan.

Halaman
1234
Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas