Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

SMF Salurkan Pembiayaan Homestay untuk Bantu Pulihkan Sektor Pariwisata

SMF mendapatkan mandat khusus bersinergi dan bekolaborasi dengan pemangku kepentingan di sektor pariwisata, melalui pembiayaan homestay. 

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in SMF Salurkan Pembiayaan Homestay untuk Bantu Pulihkan Sektor Pariwisata
Tribunnews/Seno Tri Sulistiyono
Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) mendukung pemulihan pariwisata dengan menyalurkan pembiayaan homestay di berbagai desa wisata. 

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menyampaikan, SMF mendapatkan mandat khusus bersinergi dan bekolaborasi dengan pemangku kepentingan di sektor pariwisata, melalui pembiayaan homestay

Dia mengatakan, penyaluran pembiayaan tidak langsung ke pelaku usaha homestay, tetapi melalui BUMDes di masing-masing daerah wisata.

"Kami tidak langsung memberikan pendanaan atau pembiayaan ke masyarakat, tapi menggunakan BUMDes," kata Ananta saat acara bertema Mendorong Potensi Wisata melalui Pembiayaan Homestay yang disiarkan di Youtube, Selasa (23/3/2021). 

Baca juga: Dukung Pariwisata, Pengusaha Bus Minta Pemerintah Rapikan Kabel di Jalan Raya

Menurutnya, pelaku usaha homestay yang dapat mengikuti program pembiayaan, yaitu daerahnya terdapat BUMDes yang diakui secara hukum dan berjalan opersionalnya.

Baca juga: Sandiaga Uno: Bandara Ngurah Rai Kini Bersiap Sambut Wisatawan Asing

"Kemudian, kegiatan homestay itu sendiri atau kegiatan wisata di daerah itu berjalan dengan baik," katanya. 

BERITA TERKAIT

Selain itu, kata Ananta, pelaku usaha homestay masuk ke dalam kelompok sadar wisata, karena pembiayaan berbasis komunitas akan lebih kuat dan berdampak secara luas. 

"Lalu, mengoptimalkan destinasi wisata yang sudah ditentukan, kita tahu ada super prioritas Bali baru. Tapi kami juga tidak berhenti di situ, daerah wisata lainnya juga menjadi sasaran kami sepanjang berpotensi dan memenuhi syarat," paparnya.

Caption :

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas